Ini Salah Satu Kontrak Berjangka Panjang dengan Komite Olimpiade Internasional

Kompas.com - 11/04/2019, 16:30 WIB
Foto udara di pengujung senja kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (26/12/2017). KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Foto udara di pengujung senja kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (26/12/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski berlangsung pada tahun depan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) berikut Komite Olimpiade Jepang sudah melakukan persiapan-persiapan.

Salah satunya, persiapan menyangkut penyiaran kegiatan multicabang olahraga tersebut.

Laman cnbc.com pada publikasi 1 Februari 2018 misalnya mencatatkan nama perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic sebagai salah satu sponsor yang berpartisipasi pada penyiaran.

Laman itu misalnya memberikan informasi bahwa pada Olimpiade 2016, Panasonic menjadi penyedia perlengkapan penyiaran berbentuk Full HD 3D Theatre.

Panasonic yang bakal berusia 100 tahun pada 2020 nanti juga ikut ambil bagian pada Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang di Korea Selatan pada 2018.

Laman cnbc.com juga menyebut bahwa Panasonic menjadi salah satu sponsor papan atas pada olimpiade tersebut.

(Baca: Jelang Olimpiade 2020, Pemerintah Tokyo Jaga Kualitas Udara)

Jangka panjang

Masih menurut laman cnbc.com, kerja sama IOC dengan Panasonic sudah berlangsung sejak 1998. Bentuk kerja sama itu adalah penyediaan piranti penyiaran.

Tahun 1998 adalah perhelatan Olimpiade Musim Dingin di Nagano, Jepang.

"Iya memang, kontrak kerja sama dengan Komite Olimpiade itu dengan Panasonic sudah lama," kata Marketing Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Agung Ariefiandi menjawab pertanyaan Kompas.com pada Kamis (11/4/2019).

(Baca: Tokyo Mulai Berbenah untuk Olimpiade 2020)


Dalam catatannya pula, Agung menginformasikan bahwa kerja sama Panasonic dengan IOC, saat ini, juga menyangkut penyediaan piranti audio visual (AV).

"Ada juga kerja sama untuk penyediaan misalnya AC untuk di stadion dan sebagainya," imbuh Agung.

Dalam kesempatan itu, Agung memaparkan kegiatan Consumer Promo untuk Tahun Fiskal 2019 bertajuk "Menang Bersama Panasonic".

Program itu berlangsung sejak April 2019 sampai dengan Juli 2019.

Empat produk yang menjadi andalan pada program itu adalah kulkas, televisi, pendingin udara (AC), dan mesin cuci.

Marketing Manager PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Agung Ariefiandi (kiri dari arah pembaca) dan salah seorang staf (kanan dari arah pembaca) saat menjelaskan program Menang Bersama Panasonic di Jakarta pada Kamis (11/4/2019).
Kompas.com/Josephus Primus Marketing Manager PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Agung Ariefiandi (kiri dari arah pembaca) dan salah seorang staf (kanan dari arah pembaca) saat menjelaskan program Menang Bersama Panasonic di Jakarta pada Kamis (11/4/2019).

Gelora Bung Karno

Agung juga menerangkan, kerja sama pihaknya dengan penyelenggaraan kegiatan multicabang olahraga di Tanah Air, terkini, berlangsung pada perhelatan Asian Games 2018 tatkala Indonesia menjadi tuan rumah.

Laman panasonic.com menunjukkan, Panasonic memasang lampu-lampu berteknologi LED di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU-GBK), Senayan, Jakarta.

Sementara, seturut laman itu pula, saat Indonesia kali pertama menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962, Panasonic berdasarkan perjanjian kerja sama PT Transistor Radio Manufacturing memproduksi televisi tanpa warna pertama di Tanah Air.

Produksi ini bertujuan agar masyarakat Indonesia dapat menyaksikan Asian Games yang penyelenggaraannya di Jakarta tersebut.

(Baca: Sistem Pencahayaan Stadion GBK Senayan Disebut Terbaik di Dunia)




Close Ads X