Kompas.com - 27/03/2019, 07:01 WIB
Ross Barkley (kedua dari kanan) merayakan gol Michael Keane pada pertandingan Montenegro vs Inggris di Stadion Podgorica City pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, 25 Maret 2019. AFP/ANDREJ ISAKOVICRoss Barkley (kedua dari kanan) merayakan gol Michael Keane pada pertandingan Montenegro vs Inggris di Stadion Podgorica City pada babak kualifikasi Piala Eropa 2020, 25 Maret 2019.

KOMPAS.com - Dua hari pertandingan (matchday) Kualifikasi Euro 2020 atau babak penyisihan Piala Eropa 2020 sudah rampung. Ada sembilan tim yang sempurna dengan meraih dua kemenangan.

Tim-tim itu adalah Inggris (Grup A), Irlandia Utara (C), Rep Irlandia (D), Spanyol (F), Polandia (G), Perancis, Turki (H), Belgia (I), dan Italia (J).

Sementara itu, sejumlah tim baru bermain satu kali karena ada beberapa grup yang hanya terdiri atas lima negara. Salah satunya Grup C.

Baca juga: 5 Fakta Belanda Vs Jerman, Akhir Penantian 23 Tahun

Irlandia Utara memimpin serta mengungguli Jerman dan Belanda. Jerman baru bermain satu kali, yaitu saat mengalahkan Belandang di Amsterdam.

Dari 10 grup pada babak kualifikasi, juara dan peringkat kedua grup akan otomatis lolos ke putaran final. Empat kuota tersisa akan diisi oleh pemenang play-off.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, penentuan peserta play-off tak lagi dari tim peringkat ketiga babak Kualifikasi Euro 2020. Peserta play-off adalah empat tim peringkat terbaik dari UEFA Nations League.

Baca juga: UEFA Nations League, Daftar Tim Semifinalis, Promosi, dan Degradasi

UEFA Nations League terdiri atas empat divisi. Empat tim terbaik dari tiap divisi, dengan catatan tidak lolos otomatis ke Piala Eropa 2020, akan beradu untuk memperbutkan satu tiket dari masing-masing divisi.

Putaran final Piala Eropa 2020 juga berbeda. Euro 2020 tidak mengenal single home tournament, tetapi dimainkan di beberapa negara berbeda.

Hasil kualifikasi Piala Eropa 2020, Maret 2019: 

GRUP A

  • Bulgaria 1-1 Montenegro (Todor Nedelev 82'-penalti ; Stefan Mugosa 50')
  • Inggris 5-0 Rep Ceko (Raheem Sterling 24', 62',69', Harry Kane 45'-pen, Tomas Kalas 84'-bunuh diri).
  • Kosovo 1-1 Bulgaria (Arber Zeneli 61' ; Vasil Bozhikov 39')
  • Montenegro 1-5 Inggris (Marko Vesovic 17' ; Michael Keane 30', Ross Barkley 39', 59', Harry Kane 71', Raheem Sterling 81')

Baca juga: UEFA Hukum Montenegro atas Serangan Rasial kepada Pemain Inggris

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.