5 Fakta Real Madrid Vs Ajax, Noda Hitam Juara Bertahan di Bernabeu

Kompas.com - 06/03/2019, 05:41 WIB
Frenkie de Jong tengah mengontrol bola di hadapan Luka Modric pada pertandingan Real Madrid vs Ajax Amsterdam di Stadion Santiago Bernabeu dalam babak 16 besar Liga Champions, 5 Maret 2019. AFP/GABRIEL BOUYS Frenkie de Jong tengah mengontrol bola di hadapan Luka Modric pada pertandingan Real Madrid vs Ajax Amsterdam di Stadion Santiago Bernabeu dalam babak 16 besar Liga Champions, 5 Maret 2019.

MADRID, KOMPAS.com - Real Madrid di luar dugaan kalah 1-4 dari Ajax Amsterdam di Stadion Santiago Bernabeu pada laga leg kedua 16 besar Liga Champions, Selasa (05/03/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Hasil ini membuat Real Madrid gagal mempertahankan gelar juara Liga Champions empat kali beruntun setelah tersingkir dengan agregat 3-5.

Stadion Santiago Bernabeu sepertinya tidak lagi bertuah untuk Real Madrid. Bagaimana tidak, Real Madrid selalu kalah dalam empat laga terakhir di Santiago Bernabeu.

Baca juga review lengkap pertandingan Real Madrid Vs Ajax Amsterdam: Hasil Liga Champions - Comeback Luar Biasa, Ajax Singkirkan Real Madrid

Real Madrid bahkan kehilangan kesempatan juara pada dua kompetisi akibat rentetan hasil buruk tersebut.

Sebelum kalah dari Ajax, Real Madrid dipermalukan dua kali oleh Barcelona dan sekali oleh Girona di kompetisi domestik. Dalam empat laga ini, Real Madrid hanya bisa mencetak dua gol dan kebobolan 10 kali.

Kompas TV Waktunya Nimbrung, Bicara Olahraga #WarungBOLA, setiap Selasa Malam.

Real Madrid pada akhirnya dipastikan gagal menjadi juara di Liga Champions dan Copa del Rey. Di Liga Spanyol, peluang juara Real Madrid juga sangat kecil.

Setelah kalah 0-1 dari Barcelona pada pekan ke-26 Liga Spanyol, Real Madrid kini tertahan di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 48 poin.

Baca juga: Hasil Liga Champions - Gol Harry Kane Antar Spurs ke Perempat Final

Real Madrid tertinggal 12 angka dari Barcelona di puncak klasemen. Alhasil, Real Madrid harus menang dan menunggu Barcelona terpeleset di 12 laga sisa Liga Spanyol jika ingin menjadi juara.

Di musim ini, Real Madrid baru mendapatkan satu trofi dari lima kompetisi yang diikuti. Trofi tersebut adalah gelar juara Piala Dunia Antar Klub.

Sebelum Liga Champions dan Copa del Rey, Real Madrid sudah terlebih dahulu gagal menjadi juara pada ajang Piala Super Eropa setelah dikalahkan Atletico Madrid Agustus 2018 lalu.

Berikut lima fakta menarik laga Real Madrid versus Ajax Amsterdam:

1 - Real Madrid untuk kali pertama dalam sejarah Liga Champions kalah dua kali beruntun di Stadion Santiago Bernabeu. Sebelum melawan Ajax, Real Madrid kalah 0-3 dari CSKA Moskwa pada laga terakhir Grup G pertengahan Desember 2018 lalu.

1 - Ajax Amsterdam menjadi tim kedua yang mampu mencetak empat gol atau lebih ke gawang Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu setelah Barcelona pada tahun 2015 di semua kompetisi.

1 - Real Madrid untuk kali pertama gagal melangkah ke perempat final Liga Champions dalam sembilan musim terakhir. Sebelum selalu menjadi juara pada tiga musim terakhir, Real Madrid minimal melangkah ke partai final sejak musim 2010-2011.

1 - Real Madrid untuk kali pertama tersingkir dari fase gugur Liga Champions setelah menang pada leg pertama di kandang lawan.

2 - Real Madrid menjadi tim kedua berstatus juara bertahan Liga Champions yang disingkirkan Ajax di fase gugur. Sebelumnya, Ajax pernah mengalahkan AC Milan pada final Liga Champions musim 1994-1995 dengan skor 1-0.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X