Jadwal Liga Champions Dipertimbangkan Digeser ke Akhir Pekan

Kompas.com - 08/02/2019, 14:45 WIB
Logo Liga Champions.desktopas.com Logo Liga Champions.

KOMPAS.com - UEFA dan sosiasi Klub Eropa (ECA) dilaporkan telah mempertimbangkan menggeser jadwal Liga Champions ke akhir pekan.

Dikutip dari Marca, UEFA dan ECA menyepakati rencana tersebut dalam Kongres UEFA yang digelar di Roma, Kamis (7/2/2019).

Selama ini, jadwal Liga Champions selalu digelar pertengahan pekan. Hanya final yang digelar pada akhir pekan sejak musim 2009-2010.

Jika direalisasikan, pemindahan jadwal Liga Champions ke akhir pekan kemungkinan dilakukan pada tahun 2021. Pemindahan jadwal dinilai akan lebih menguntungkan dari segi komersial.

Baca juga: Real Madrid Anggap Piala Dunia Antarklub Layaknya Liga Champions

Ada beberapa tim yang mendukung perubahan, meskipun tidak semuanya.

Selain jadwal, Presiden UEFA Aleksander Ceferin, yang baru saja terpilih kembali hingga 2023, menyatakan menolak rencana FIFA menggelar Liga Super Eropa.

Pasalnya adanya kompetisi tersebut bisa merusak kesakralan Liga Champions sebagai kompetisi antar klub paling tinggi di Eropa.

Tak cuma itu, Ceferin juga menjelaskan bahwa organisasi Eropa tidak setuju dengan proposal Presiden FIFA Gianni Infantino untuk format baru Piala Dunia Antar Klub.

"Kami tidak setuju dengan Piala Dunia Klub FIFA yang baru yang mereka inginkan," kata Ceferin.

"Kami juga tidak setuju dengan Liga Antar Bangsa yang telah diusulkan," lanjut Ceferin.




Close Ads X