Lolos Verifikasi, Ryuji Utomo Bisa Bela Persija Jakarta pada LCA

Kompas.com - 02/02/2019, 22:04 WIB
Aksi bek Persija, Ryuji Utomo, pada sesi seleksi Indonesia U-22 tahap ketiga di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Kamis (9/3/2017).HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.net Aksi bek Persija, Ryuji Utomo, pada sesi seleksi Indonesia U-22 tahap ketiga di Lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH), Karawaci, Tangerang, Banten, Kamis (9/3/2017).

KOMPAS.com - Persija Jakarta mendapat kabar baik jelang tampil di Liga Champions Asia (LCA). Ryuji Utomo lolos verifikasi pendaftaran pemain sehingga dipastikan bisa tampil.

Sebelumnya, Ryuji Utomo dinyatakan tidak bisa bermain karena belum mengantongi International Transfer Certificate (ICT) meski sudah didaftarkan ke AFC.

Pelatih Persija, Ivan Kolev, mengaku bersyukur mendengar kabar ini meski Ryuji Utomo disahkan pada detik-detik terakhir.

"Kami akan banyak variasi di lini belakang. Ryuji adalah pemain kuat dan tentu akan membuat tim semakin solid," kata Ivan Kolev dikutip dari situs web resmi Persija, Sabtu (02/02/2019).

Baca juga: Marko Simic dan Beto Goncalves dalam Pusaran Harapan Macan Kemayoran

Di sisi lain, Ryuji mengucapkan terima kasih atas kerja keras manajemen Persija sehingga bisa tampil pada LCA.

“Saya mohon dukungannya. Ini adalah kesempatan bagi saya main di kompetisi bergengsi. Terima kasih manajemen dan pengurus serta rekan-rekan yang sudah mendukung saya. Pokoknya saya akan berikah yang terbaik untuk Persija,” tutur mantan pemain tim Thailand, PTT Rayong.

Masalah pendafaran pemain ini disebabkan bursa transfer Liga 1 yang belum dibuka hingga saat ini. Hal tersebut buntut dari ketidakpastian jadwal kompetisi musim 2019.

Alhasil, Persija tidak bisa mendaftarkan pemain yang musim lalu berkiprah di luar negeri untuk kompetisi LCA.

Baca juga: Perkembangan Terbaru Cedera Bek Kiri Persija Rezaldi Hehanussa

Namun, patut dipertanyakan mengapa hanya Ryuji Utomo yang disahkan oleh AFC. Sebelumnya, tiga pemain asing anyar Persija juga mengalami permasalahan yang sama.

Mereka adalah Vinicius Lopez, Jahongir Abdumuminov dan Bruno Matos. Akibat masalah ini, Persija harus meminjam dua pemain Madura United, Jaimerson Da Silva Xavier dan Alberto Goncalves.

Laga pertama Persija di LCA adalah melawan Home United di di Stadion Jalan Besar, Singapura, Selasa (5/2/2019). Laga tersebut merupakan babak penyisihan pertama LCA.

Berikut adalah 23 pemain Persija untuk kompetisi Liga Champions Asia 2019:

1. Dany Saputra
2. Ryuji Utomo 
3. Jaimerson Da Silva Xavier 
4. Maman Abdurahman 
5. Rizki Ramdani Lestaluhu 
6. Yan Pieter Kornelis Nasadit 
7. Marko Simic 
8. Novri Setiawan 
9. Ismed Sofyan 
10. Tony Sucipto
11. Fitra Ridwan
12. Bambang Pamungkas 
13. Nugroho Fatchur Rochman
14. Riko Simanjuntak
15. Andritany Ardhiyasa 
16. Muhammad Rezaldi Hehanussa 
17. Sandi Sute 
18. Daryono
19. Rishadi Fauzi 
20. Shahar Ginanjar 
21. Septinus Alua 
22. Alberto Goncalves Da Costa 
23. Heri Susanto




Close Ads X