Kompas.com - 28/10/2018, 19:36 WIB
Kegiatan di daerah yang juga dikenal dengan sebutan Kota 1001 goa itu, dipusatkan di aun-alun Kabupaten Pacitan, diikuti oleh ribuan masyarakat dari semua kalangan umur, Kegiatan di daerah yang juga dikenal dengan sebutan Kota 1001 goa itu, dipusatkan di aun-alun Kabupaten Pacitan, diikuti oleh ribuan masyarakat dari semua kalangan umur,

PACITAN, Kompas.com  - Ajang Sepeda Nusantara 2018 yang merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora),  hadir di Pacitan, daerah perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah,  Minggu (28/10/2018).

Kegiatan di daerah yang juga dikenal dengan sebutan Kota 1001 goa itu, dipusatkan di aun-alun Kabupaten Pacitan, diikuti oleh ribuan masyarakat dari semua kalangan umur, sehingga tujuan dari digelarnya kegiatan tersebut yakni membudayakan masyarakat berolahraga tercapai.

Bupati Pacitan Indartato yang didampingi oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenpora Sanusi, melepas rombongan besar Sepeda Nusantara di Alun-alun Pacitan, bergerak ke arah timur menyusuri jalan tengah kota dengan jarak tempuh 10Km. Sambutan dan sapaan masyarakat di sepanjang perjalanan sangat cukup tinggi, terlebih pelaksanaannya bersamaan dengan hari libur.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Kemenpora yang telah memberikan kesempatan kepada Pacitan untuk menggelar event Sepeda Nusantara 2018. Ini adalah sebuah penghargaan bagi masyarakat Pacitan," kata Bupati Pacitan Indartato di sela pelepasan Sepeda Nusantara 2018.

"Semoga kegiatan ini bisa lebih memacu semangat masyarakat Pacitan untuk membudayakan olahraga. Tidak hanya itu, harapan kami kegiatan bisa memacu semangat atlet muda untuk lebih berprestasi," tambah Bupati.

Sebagai kota pesisir yang dikenal dengan wisata alamnya yakni daerah 1001 goa, juga banyak lahir atlet-atlet potensial, seperti halnya pebola voli nasional yang saat ini berkiprah di Livoli dan Proliga, Veleg Dhany Ristan Krisnawan dan Novia Andriyanti. Bahkan keduanya berkiprah di Asian Games 2018.

"Semoga ke depan banyak lagi atlet-atlet muda potensial dari Pacitan. Bibit-bibit sudah ada. Tinggal bagaimana mengasah dan dukungan termasuk dari pemerintah pusat," terang Bupati asal Lorok itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenpora Sanusi mengatakan rangkaian Sepeda Nusantara 2018 singgah di 70 kabupaten/kota Indonesia. Adapun puncak pelaksanaan salah satu program andalan Kemenpora bakal digelar di Denpasar, Bali, bulan depan.

"Sepeda Nusantara merupakan salah satu media untuk interaksi semua lapisan masyarakat di Indonesia dan bersinergi dengan baik. Apalagi pelaksanaan di Pacitan cukup istimewa karena bersama dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda," katanya.

Selain itu, kata dia, harapan yang sangat dinantikan adalah kegiatan ini mampu melahirkan banyak atlet-atlet potensial karena regenerasi harus berjalan. Pihaknya menilai Pacitan merupakan salah satu wilayah yang mempunyai banyak peluang untuk mengembangkan olahraga prestasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.