Kompas.com - 29/09/2018, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Inapgoc sangat percaya penanganan transportasi bagi semua atlet yang akan bertanding pada Asian Para Games 2018 bisa berjalan lancar.

Keyakinan Inapgoc ini didasari karena berbagai pihak dari pemerintah yang akan turut serta membantu pada saat hari penyelenggaraan, 6-13 Oktober 2018.

Kementerian Perhubungan, Transjakarta, Dinas Perhubungan DKI, Kementerian Sosial, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pariwisata, Damri, dan tentunya Polri mendukung penuh pelaksanaan pesta olahraga empat tahunan kaum disabilitas negara-negara Asia ini.

"Inapgoc mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Kemenhub, Pemda DKI Jakarta, dan Polri. Inapgoc yakin masalah transportasi sudah bisa diatasi," kata Tony Effendi, Wakil Direktur Transportasi Inapgoc, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Menpora Berharap Indonesia Bisa Raih 16 Medali Emas di Asian Para Games 2018

Keyakinan Tony itu cukup beralasan. Sebab, simulasi persiapan transportasi Asian Para Games yang dilakukan, Selasa (25/9/2018), berlangsung sesuai dengan harapan.

Fasilitas angkutan bus bagi atlet disabilitas maupun perjalanan dari wisma para atlet menuju tempat pertandingan berjalan dengan sangat baik.

"Fasilitas angkutan sudah memadai. Begitu juga waktu tempuh dari athlete village ke kompleks Gelora Bung Karno," kata Tony.

Pada saat simulasi, waktu tempuh dari Wisma Para Atlet Kemayoran ke Kompleks Gelora Bung Karno hanya 35 menit. Artinya, lebih cepat 20 menit dari waktu maksimal yang ditetapkan oleh Asian Paralympic Committee (APC), yaitu 55 menit.

Baca juga: Pengunjung Difabel Komentari Fasilitas Asian Para Games 2018 di Istora Senayan

Tony menjelaskan bahwa kelancaran ini juga tidak terlepas dari peran lima trainer dari komunitas disabilitas Bandung dan Jakarta.

Mereka telah memberikan pelatihan dan pembekalan kepada 1.500 orang yang bertugas sebagai volunter (600), field worker (600), dan driver (300) pada 23- 24 September 2018.

"Dukungan pihak-pihak terkait inilah yang menambah keyakinan Inapgoc bahwa pelaksanaan Asian Para Games bisa sukses sesuai yang diharapkan," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Transjakarta bekerja sama dengan Blue Bird, Perum Damri, dan Kementerian Pariwisata merilis bus Wonderful Indonesia.

Sebanyak 100 bus Wonderful Indonesia bakal menjadi moda pengangkut para atlet yang akan tampil pada Asian Para Games 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.