Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asian Para Games 2018, Kirab Obor di Ternate Serukan Kesetaraan

Kompas.com - 09/09/2018, 14:45 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, menyerukan kesetaraan dan kepedulian bagi penyandang disabilitas saat mengikuti kirab obor Asian Para Games 2018 di Ternate, Minggu (9/9/2018).

Dalam sambutannya, Imam Nahrawi menyebut api obor Asian Para Games 2018 melambangkan simbol perjuangan.

"Api obor Asian Para Games telah berada di Kesultanan Ternate. Api obor ini merupakan simbol semangat perjuangan kita yang tidak pernah berhenti menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia sekaligus simbol persatuan semangat kepedulian terhadap disabilitas," kata Menpora dikutip dari Antara.

Imam Nahrawi menjelaskan bahwa pawai obor ini juga menjadi harapan dukungan dari masyarakat Ternate dan Maluku Utara untuk keberhasilan para atlet Indonesia di Asian Para Games 2018.

Baca juga: Ingin Dapat Tiket Gratis Opening Ceremony Asian Para Games 2018? Begini Caranya

"Ini bukan semata-mata menyangkut medali, melainkan juga harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia. Doakan para atlet, pelatih, komandan kontingen, serta penyelenggara Asian Para Games 2018 di Jakarta pada 6-13 Oktober," ucap Imam Nahrawi.

Pawai obor di Ternate ini dimulai dari Kedaton Kesultanan Ternate setelah api disemayamkan semalam.

Kapita Lai Kesultanan Ternate mengeluarkan lentera api dari dalam Kedaton Kesultanan Ternate untuk kemudian dibawa ke halaman.

Imam Nahrawi yang mengambil api dari lentera langsung menyulutkannya ke obor yang dibawa Ketua Panitia Asian Para Games 2018 (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari.

Baca juga: Jelang Asian Para Games 2018 - Ini Bocoran Upacara Pembukaan dan Penutupan

Obor lantas diberikan kepada kepada atlet difabel tenis meja asal Ternate, Rissal Ansor, dan secara estafet diberikan kepada pembawa obor lain.

Kirab ini melewati Lapangan Salero dan berakhir di Stadion Kie Raha.

Setelah dari Ternate, obor akan dibawa berkeliling ke Bali, Pontianak, Medan, dan Pangkal Pinang. Obor ini dijadwalkan berada di Jakarta pada 30 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com