Pelatih Timnas U-16 Komentari Kartu Merah Bagas Kaffa

Kompas.com - 03/08/2018, 07:00 WIB
Penyerang timnas U-16 Indonesia di tengah para pemain Vietnam pada lanjutan laga Piala AFF U-16, Kamis (2/8/2018). BOLASPORT.com/Suci RahayuPenyerang timnas U-16 Indonesia di tengah para pemain Vietnam pada lanjutan laga Piala AFF U-16, Kamis (2/8/2018).

SIDOARJO, KOMPAS.com — Kemenangan Timnas U-16 Indonesia atas Vietnam pada laga Grup A Piala AFF U-16, Kamis (2/8/2018), ternoda akibat insiden keributan antara kedua tim dan berujung kartu. Insiden tersebut terjadi saat pemain Indonesia dijatuhkan lawan.

Wasit memberi kartu merah pada menit ke-66 kepada Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi di kubu Indonesia dan Vo Nguyen Hoang di kubu Vietnam.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini menyebut bahwa pemain Vietnam-lah yang melakukan provokasi terhadap timnya. Menurut Fakhri, tindakan seperti itu tidak dibenarkan dalam aturan pertandingan.

"Kalau melihat rekaman kembali, yang memprovokasi itu jelas mereka (pemain Vietnam). Wajar pemain kami bereaksi," ucap Fakhri saat sesi jumpa pers di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Baca juga: Klasemen Grup A Piala AFF 2016, Indonesia Kokoh di Puncak

Menurut Fakhri, tidak wajar kalau pemainnya diam saat rekannya yang lain diperlakukan tidak sportif. Hal ini dinilai Fakhri bahwa para pemain kompak dan solid satu sama lain.

"Soal kartu merah itu keputusan wasit," tutur Fakhri melanjutkan. 

"Namun, kalau jeli, wasit tidak bisa mengontrol semua. Sikap para pemain merupakan reaksi dari provokasi yang dibuat pemain lawan," sambung Fakhri.

Fakhri mengatakan sudah berbicara dengan Bagas. Menurut dia, kartu merah akan menjadi pelajaran penting untuk bisa mengontrol emosi di atas lapangan.

Fakhri berharap Bagas akan menjadi pemain besar.

Baca juga: Cristiano Ronaldo Pergi, 2 Bintang Real Madrid Tak Perlu Saling Sikut Lagi

"Poin penting di antara empat aspek dalam memilih pemain, yakni aspek mental. Kalau hanya fisiknya yang bagus, taktik bagus, teknik bagus, tidak ada di tim ini. Semua pemain memenuhi kriteria itu," tutur Fakhri.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X