Zlatko Dalic, Pahlawan Sepak Bola Kroasia

Kompas.com - 15/07/2018, 08:28 WIB
Seusai laga Kroasia vs Inggris, pelatih Zlatko Dalic dan kapten Luka Modric merayakan kemenangan timnya pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, 11 Juli 2018. AFPMLADEN ANTONOVSeusai laga Kroasia vs Inggris, pelatih Zlatko Dalic dan kapten Luka Modric merayakan kemenangan timnya pada semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, 11 Juli 2018.

MOSKWA, KOMPAS.com - Keberhasilan timnas Kroasia melaju hingga partai final Piala Dunia 2018 tidak lepas dari tangan dingin pelatih Zlatko Dalic.

Hal ini dibenarkan oleh kapten Kroasia, Luka Modric. Menurut Modric, Zlatko Dalic telah mengubah mentalitas bertanding Kroasia menjadi sebuah tim pemenang.

"Kami berada di final Piala Dunia 2018 karena pengaruh pelatih Zlatko Dalic," tutur Luka Modric sebagaimana dikutip BolaSport.com dari Reuters, Sabtu (14/7/2018).

Baca juga: Ivan Rakitic Rela Berhenti dari Sepak Bola Jika Itu Harga Mati Jadi Juara Dunia

"Ia menyemangati dan memberi kami ketenangan, dan yang paling kami sukai adalah ketulusan dan sikapnya terhadap setiap pemain," ujar pengemas 112 caps timnas Kroasia ini.

Lebih lanjut, Modric menganggap Dalic telah mengajarkan lebih dari sekadar bermain sepak bola kepada para pemain Kroasia.

"Kami senang berada di dekatnya, ia menunjukkan pengaruh tak hanya sebagai seorang pelatih. Tetapi, lebih penting lagi, ia mengajarkan kami menjadi seorang manusia," tuturnya.

Dalic mendapatkan mandat sebagai pelatih saat Kroasia sedang dalam masa krisis dan terancam gagal tampil di Piala Dunia 2018.

Dalic masuk menggantikan pelatih Ante Cacic pada Oktober 2017. Ante Cacic dipecat diberhentikan menyusul hasil dua kekalahan dari lima laga terakhir di kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup I.

Baca juga: Atletico Madrid Adalah Raja pada Final Piala Dunia 2018

Dalic kemudian berhasil membawa Kroasia lolos ke putaran final meski melewati jalur kualifikasi. Mengenang masa sulit itu, Modric mengaku bersyukur Dalic datang pada saat yang tepat.

"Ia datang saat kami tengah mengalami momen yang sulit. Pada pertandingan pertamanya, ia berbicara kepada kami sebagai masukan agar kami percaya diri," ucap pemain Real Madrid ini.

"Ia juga mengatakan bahwa kami masih menjadi pemain yang baik, kendati tim tengah mengalami krisis," kata Modric melanjutkan.

Pada laga final kali ini, Kroasia akan berhadapan dengan sesama wakil Eropa, timnas Perancis. Laga ini akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskwa, pada Minggu (15/7/2018) mulai pukul 22.00 WIB. (Ahmad Tsalis Fahrurrozi)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X