Utak-atik Peluang Belanda dan Swedia Lolos ke Piala Dunia 2018

Kompas.com - 10/10/2017, 19:32 WIB
Arjen Robben (kanan) merayakan gol timnas Belanda ke gawang Bulgaria pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Minggu (3/9/2017). JOHN THYS/AFP Arjen Robben (kanan) merayakan gol timnas Belanda ke gawang Bulgaria pada partai Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Amsterdam Arena, Minggu (3/9/2017).
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Peluang Timnas Belanda untuk tampil dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia terbilang sangat sempit. Mereka harus menang dengan marjin minimal tujuh gol ketika melakoni partai pamungkas menghadapi Swedia, Selasa (10/10/2017) atau Rabu dini hari WIB.

Swedia saat ini menempati posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan koleksi 19 poin. Sementara itu, Belanda berada satu tingkat di bawahnya dengan koleksi 16 poin, sedangkan pemuncak klasemen sementara ditempati Perancis yang mengantongi 20 poin.

Berbeda dengan Swedia dan Belanda yang akan melakoni laga hidup mati, Perancis setidaknya telah mengunci posisi dua besar yang berarti tiket play-off sudah di tangan. Peluang Perancis mempertahankan posisi terbilang sangat besar karena mereka akan menjamu tim lemah, Belarus.

Ada tiga pertandingan grup ini yang akan digelar bersamaan. Selain Belanda vs Swedia dan Perancis vs Belarus, partai lain yang tidak menentukan lagi mempertemuakn Luksemburg dan Bulgaria.

Ada beberapa skenario yang menentukan nasib Belanda, apakah mereka bisa tampil pada Piala Dunia 2018 atau tidak.

Belanda akan masuk jalur play-off bila:

- Menang atas Swedia dengan margin tujuh gol (Belanda unggul selisih gol atas Swedia).

Belanda akan tersingkir bila:

- Kalah dari Swedia.
- Bermain imbang lawan Swedia.
- Menang atas Swedia dengan margin kurang dari tujuh gol (Belanda kalah selisih gol dari Swedia).

Apabila Belanda tersingkir, lantas siapa yang akan menjadi juara Grup A dan langsung lolos ke Piala Dunia 2018? Berikut skenarionya.

Perancis akan jadi juara grup bila:
- Menang atas Belarus.
- Bermain imbang lawan Belarus, sementara Swedia gagal menang atas Belanda.
- Kalah dari Belarus dan Swedia juga kalah dari Belanda.

Swedia akan jadi juara grup bila:
- Menang atas Belanda, sementara itu Perancis gagal menang atas Belarus.
- Bermain imbang lawan Belanda, sementara Prancis kalah dari Belarus.



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X