Belanda Harus Menang dengan Selisih Tujuh Gol

Kompas.com - 10/10/2017, 19:11 WIB
Para pemain timnas Belanda berpose menjelang pertandingan penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa melawan Luksemburg di Rotterdam, 9 Juni 2017. Belakang dari kiri ke kanan: bek Daley Blind, penyerang Vincent Janssen, bek Stefan de Vrij, bek Wesley Hoedt, gelandang Kevin Strootman, kiper Jasper Cillessen. Depan kiri ke kanan: penyerang Memphis Depay, gelandang Georginio Wijnaldum, bek Joel Veltman, gelandang Wesley Sneijder dan penyerang Arjen Robben. JOHN THYS/AFPPara pemain timnas Belanda berpose menjelang pertandingan penyisihan Grup A Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa melawan Luksemburg di Rotterdam, 9 Juni 2017. Belakang dari kiri ke kanan: bek Daley Blind, penyerang Vincent Janssen, bek Stefan de Vrij, bek Wesley Hoedt, gelandang Kevin Strootman, kiper Jasper Cillessen. Depan kiri ke kanan: penyerang Memphis Depay, gelandang Georginio Wijnaldum, bek Joel Veltman, gelandang Wesley Sneijder dan penyerang Arjen Robben.
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Misi berat diusung oleh timnas Belanda pada laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2018. The Orange bukan cuma dituntut meraih tiga poin tetapi mereka harus menang dengan skor sangat besar saat berhadapan dengan Swedia pada Selasa (10/10/2017) atau Rabu dini hari WIB.

Belanda saat ini berada di peringkat ketiga Grup A dengan raihan 16 poin dari sembilan laga, tertinggal tiga poin dari Swedia yang duduk di posisi kedua. Belanda bisa menggeser Swedia jika menang dengan skor minimal selisih tujuh gol. Sebuah misi yang nyaris mustahil untuk bisa meraih tiket play-off.

Winger senior timnas Belanda, Arjen Robben, pesimistis dengan peluang mereka. Dia menyebut kans Belanda lolos ke Rusia pada musim panas tahun depan sudah tertutup.

"Dengan hasil Swedia itu semua telah berakhir bagi Belanda. Kemenangan 7-0 di kandang sendiri atas Swedia tak mungkin terjadi," ujar Robben seperti dilansir BolaSport.com dari Goal.

Namun, timnas Belanda memiliki sejarah bagus ketika bermain di Amsterdam. Berdasarkan statistik Opta, Belanda pernah lima kali menang besar pada pertandingan yang digelar di ibu kota Negeri Kincir Angin tersebut. Jumlah itu menjadi yang paling banyak dibandingkan dengan pertandingan yang digelar di kota-kota lain.

Rekor margin gol terbesar Belanda atas lawan-lawannya adalah 8-0 yang terjadi dua kali, yakni pada 1936 dan 1962. Pada 1936, Belanda mengalahkan Belgia 8-0 pada laga persahabatan dan 26 tahun kemudian, Belanda kembali mengulang skor yang sama 8-0 melawan Netherlands Antilles.

Empat tahun silam Belanda juga membukukan kemenangan besar ketika bermain di Stadion Johan Cruyff ArenA yang saat itu masih bernama Amsterdam ArenA kalah menghadapi Hungaria pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014. Belanda mengungguli Hungaria dengan skor akhir 8-1.

Eks pemain Manchester United dan Arsenal, Robin Van Persie, mencetak tiga gol pada pertandingan tersebut.



Sumber BolaSport
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X