Indonesia Vs Kamboja, Memori Manis Timnas di Laga Akhir Grup SEA Games

Kompas.com - 24/08/2017, 06:41 WIB
Gelandang timnas U-22 Indonesia, Hanif Sjahbandi (dua dari kiri) bersama pemain skuat Garuda Muda lainnya menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum laga kontra Vietnam pada partai keempat Grup B SEA Games 2017 di Stadion MP Selayang, Selangor, 22 Agustus 2017 BolaSport.com/Ferry SetiawanGelandang timnas U-22 Indonesia, Hanif Sjahbandi (dua dari kiri) bersama pemain skuat Garuda Muda lainnya menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum laga kontra Vietnam pada partai keempat Grup B SEA Games 2017 di Stadion MP Selayang, Selangor, 22 Agustus 2017
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Tim nasional (timnas) U-22 Indonesia akan menjalani laga hidup mati kontra Kamboja pada lanjutan Grup B SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Kamis (24/8/2017).

Pasukan Luis Milla membutuhkan kemenangan dengan skor 3-0 atau berharap duel lainnya antara Thailand dengan Vietnam tidak berakhir imbang untuk mengunci tiket ke semifinal.

Bukanlah kali pertama tim beralias Garuda Muda melakoni laga penentu pada partai terakhir fase grup di SEA Games. Hal serupa juga terjadi pada edisi 2013 di Myanmar dan 2015 di Singapura.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Sementara Grup B Sepak Bola SEA Games 2017

Empat tahun lalu, timnas U-22 membutuhkan kemenangan atas Myanmar di laga terakhir Grup B.

Hasilnya, mereka mengalahkan Myanmar dengan skor 1-0 via gol penalti Alfin Tuasalamony dalam pertandingan di Stadion Thuwunna, Yangon.

Tambahan tiga poin mengangkat Garuda Muda ke posisi kedua sekaligus menggusur Myanmar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama-sama mengoleksi tujuh poin, Indonesia sebenarnya kalah selisih gol dari Myanmar. Namun, saat itu, head-to-head menjadi aspek menentukan setelah jumlah poin.

Dua tahun berselang, timnas-U-22 mendapatkan situasi sedikit lebih menguntungkan. Mereka mencatatkan keunggulan selisih gol atas tuan rumah Singapura, yang sama-sama mengoleksi enam angka, menjelang laga terakhir Grup A.

Artinya, tim yang saat itu diasuh Aji Santoso cuma membutuhkan hasil imbang melawan Singapura dalam laga di Stadion Jalan Besar.

Mereka melampaui ekspektasi dengan menang 1-0 berkat gol tunggal Evan Dimas.

Evan masih berada di skuad besutan Milla kini dan akan tampil melawan Kamboja.

Semoga, pemilik nomor kostum enam itu bisa menularkan spirit dua tahun lalu kepada rekan-rekan setimnya.

 

Berikut peluang Timnas U-22 Indonesia untuk bisa lolos ke semifinal SEA Games 2017. #TimnasIndonesia #SEAGames2017

A post shared by BolaSport.com (@bolasportcom) on Aug 23, 2017 at 1:54am PDT

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.