Kompas.com - 01/06/2017, 20:05 WIB
Pelatih timnas U-18, Indra Sjafri, saat memimpin latihan tim nasional U-18 di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (3/4/2017). Timnas U-18 di persiapkan untuk mengikuti Piala AFF di Myanmar pada 4-17 September 2017. GARRY ANDREW LOTULUNGPelatih timnas U-18, Indra Sjafri, saat memimpin latihan tim nasional U-18 di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (3/4/2017). Timnas U-18 di persiapkan untuk mengikuti Piala AFF di Myanmar pada 4-17 September 2017.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada hal yang menarik pada pertandingan Grup C Toulon Tournament 2017 antara tim nasional U-19 Indonesia dan timnas U-20 Brasil di Stade d'Honneur Marcel Roustan, Salon-de-Provence, Rabu (31/5/2017) atau Kamis dini hari WIB.

Hal menarik tersebut adalah munculnya alunan gamelan yang terdengar di stadion saat menjelang sepak mula dan jeda pertandingan.

Saat kedua tim melakukan pemanasan, lagu-lagu "ngebeat" diperdengarkan untuk memacu semangat kedua tim. Lalu tak berselang lama, alunan musik gamelan mulai "disetel".

Saat jeda, alunan gamelan pun menjadi "teman" para penonton yang menunggu babak kedua dimulai. Suara gamelan tersebut bisa didengarkan di video Youtube berikut sejak menit 32.54 detik.

Asisten Manajer Timnas U-19, Wide Putra Ananda, menjelaskan bahwa alunan musik gamelan merupakan inisiatif dari panitia penyelenggara.

"Sebelum pertandingan, Brasil menampilkan capoeira (seni bela diri). Sementara kami tidak mempersiapkan penampilan apapun. Jadi kami sempat kaget pas ada suara gamelan," kata Wide kepada Kompas.com, Kamis (1/6/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemungkinan besar, menurut Wide, pihak panitia berkomunikasi dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia terkait alunan gamelan tersebut.

"Kemungkinan seperti itu. Banyak juga orang Konjen yang datang ke stadion. Mereka senang saat gamelan mengalun di stadion," tutur Wide.

Pertandingan ini dimenangkan Brasil dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Gabriel Novaes pada menit ke-38. Namun, permainan tim besutan Indra Sjafri banyak diapresiasi oleh media-media Brasil.

Contohnya, ESPN Brasil menceritakan bagaimana Canarinho hanya selamat karena timnas boros peluang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.