Keadilan Versi Zinedine Zidane

Kompas.com - 29/04/2017, 07:02 WIB
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menyaksikan anak asuhnya bertanding melawan Legia Warsawa, di Pepsi Arena, Rabu (2/11/2016) waktu setempat. ODD ANDERSEN/AFPPelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menyaksikan anak asuhnya bertanding melawan Legia Warsawa, di Pepsi Arena, Rabu (2/11/2016) waktu setempat.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menilai bahwa dirinya telah menerapkan kebijakan yang adil buat anak-anak asuhnya.

Sebab, pemain yang diproyeksikan menjadi pelapis seperti Isco, Alvaro Morata, dan Marco Asensio, justru mendapatkan jatah tampil cukup banyak. Dari 24 anggota skuad, 21 pemain di antaranya diturunkan lebih dari 1.000 menit pada berbagai ajang.

Terakhir, pria asal Perancis itu mengganti sembilan pemain starter saat Real Madrid menang 6-2 atas tuan rumah Deportivo La Coruna pada partai La Liga - kasta teratas Liga Spanyol - di Stadion Riazor, Rabu (26/4/2017).

"Saya tidak melihat adanya ketidakadilan. Inilah kami seharusnya. Di klub lain, tim lapis kedua mungkin tidak mendapatkan jatah tampil kecuali ada emergensi," tutur Zidane.

"Anda mungkin berpikir bahwa ada tim A dan B, tetapi saya melihat sebaliknya," kata sang juru taktik.

Baca: Wawancara Eksklusif, Lilipaly di Antara Mimpi Promosi dan Rindu Timnas

Bagaimana pembagian jatah tampil untuk pemain juga sudah disampaikan Zidane kepada para pemain, salah satunya Isco. Pemilik nama terakhir tampil impresif dengan mencetak masing-masing satu gol dan assist melawan La Coruna.

"Saya menyampaikan langsung kepada pemain, bukan jurnalis. Ini sulit karena semasa bermain, saya hampir selalu diturunkan," ujar Zidane.

Keputusan rotasi yang diterapkan Zidane pun tergolong positif. Pemain-pemain pelapis memberikan kontribusi signifikan untuk tim.

Ambil contoh Alvaro Morata yang mencetak 18 gol atau lebih banyak satu gol dari Karim Benzema. Tengok pula kontribusi Isco yang mencapai sepuluh gol dan tujuh assist.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X