Kompas.com - 13/03/2017, 05:43 WIB
Pemain Arema FC berselebrasi setelah berhasil membobol gawang Pusamania Borneo FC pada pertandingan final Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (12/3/2017). Arema FC tampil menjadi juara Piala Presiden 2017 setelah menang dengan skor 5-1. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPemain Arema FC berselebrasi setelah berhasil membobol gawang Pusamania Borneo FC pada pertandingan final Piala Presiden 2017 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (12/3/2017). Arema FC tampil menjadi juara Piala Presiden 2017 setelah menang dengan skor 5-1.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

CIBINONG, KOMPAS.com - Pelatih Arema FC, Aji Santoso, membeberkan taktik yang membuat timnya menang 5-1 atas Pusamania Borneo FC pada final Piala Presiden di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (12/3/2017).

Tiga dari lima gol Arema dicetak oleh Cristian Gonzales. Dua lainnya berasal dari Hanif Sjahbandi dan bunuh diri Michael Orah. PBFC cuma membalas lewat Firly Apriansyah.

Kemenangan telak Arema sebenarnya agak di luar dugaan. Sebab, lini depan mereka diprediksi kesulitan mengingat pertahanan PBFC dikenal kokoh dari penyisihan hingga semifinal.

Demi membongkarnya, Aji pun berusaha menghindari duel udara yang menjadi keunggulan sang lawan.

"Saya menekankan kepada pemain, saat masuk ke sepertiga lapangan, mereka tidak boleh melakukan umpan lambung, tetapi bola terobosan. Hal itu terlihat tadi, terutama dalam gol kelima," tutur Aji setelah pertandingan.

Baca: Piala Presiden, Anak Terpintar di Hadapan Jokowi dan Luis Milla

Beda hal dengan lini belakang Arema ketika duel udara tidak terhindarkan. Sebab, PBFC memiliki Reinaldo Elias da Costa yang menyukai servis lambung mengingat postur tubuhnya.

Aji tidak lantas kehabisan akal untuk meminimalkan risiko bobol oleh striker asal Brasil itu.

"Saya selalu menginstruksikan kepada pemain agar saling cover saat duel. Kalau pemain yang berduel tidak dapat bola, pemain kami masih bisa dapat bola," ucap Aji.

Gelar juara Arema dibarengi penghargaan individu untuk kedua pemainnya. Gonzales mendapatkan titel Pencetak Gol Terbanyak, sedangkan Adam Alis didaulat sebagai Pemain Terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.