Kompas.com - 01/02/2017, 07:19 WIB
Bek sekaligus kapten Real Madrid, Sergio Ramos, merayakan golnya ke gawang Malaga, pada lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (21/1/2017). PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFPBek sekaligus kapten Real Madrid, Sergio Ramos, merayakan golnya ke gawang Malaga, pada lanjutan La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (21/1/2017).
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Iker Casillas mengklaim bahwa eks rekan setimnya di Real Madrid, Sergio Ramos, tidak berani melakukan tendangan Panenka ketika keduanya berlatih penalti.

Ramos merupakan salah satu opsi eksekutor Madrid apabila Cristiano Ronaldo berhalangan. Dari dua kesempatan, pemain berusia 30 tahun itu selalu menceploskan bola ke gawang lawan.

Terakhir, Ramos membobol gawang Sevilla lewat penalti saat pada partai kedua babak 16 besar Copa del Rey, 12 Januari 2017.

Dia menaklukkan penjaga gawang David Suria dengan mencungkil bola ke tengah lapangan, seperti teknik yang dipopulerkan Antonin Panenka.

Hanya, eksekusi serupa tidak pernah diperagakan Ramos ketika bersua Casillas pada sesi latihan.

"Ramos tidak memiliki keberanian untuk mengeksekusi penalti Panenka melawan saya. Dia tidak akan melakukannya," tutur Casillas.

Terlepas dari Panenka atau bukan, eksekusi Ramos tetap mendapatkan apresiasi dari Casillas.

Menurut Casillas, Ramos memiliki nilai plus berupa ketenangan ketika melakukan tendangan dari titik 12 pas.

"Ramos dan Ronaldo adalah pemain yang tidak pernah merasa gugup ketika menjalani momen paling sulit," ucap Casillas.

Selain Ramos dan Ronaldo, pelatih Zinedine Zidane juga menunjuk James Rodriguez sebagai eksekutor.

Ramos dan Rodriguez membukukan rapor seratus persen, sedangkan Ronaldo sempat mengalami dua kegagalan dari enam tendangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.