Real Madrid Lebih Tajam Tanpa Ronaldo

Kompas.com - 05/01/2017, 21:00 WIB
GERARD JULIEN/AFP Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, menampilkan selebrasi barunya seusai membobol gawang Atletico Madrid, dalam laga La Liga di Stadion Vicente Calderon, Sabtu (20/11/2016).

KOMPAS.com - Real Madrid membukukan rapor lebih baik ketika tampil tanpa Cristiano Ronaldo. Kecenderungan tersebut terlihat sejak Zinedine Zidane menduduki kursi pelatih pada Januari 2016.

Dalam satu tahun terakhir, Ronaldo sudah melewatkan sebelas pertandingan Los Blancos, julukan Madrid. Hasilnya, mereka meraup sepuluh kemenangan dan tidak pernah menelan kekalahan.

Terakhir, mereka menang 3-0 atas Sevilla pada partai babak 16 besar Copa del Rey di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (4/1/2017).

Apabila dirinci lagi, pasukan Zidane juga tergolong sangat produktif. Total 33 gol diciptakan mereka tanpa bantuan Ronaldo.

Artinya, Madrid mencetak rata-rata tiga gol per laga saat Ronaldo absen.

Bandingkan ketika Ronaldo merumput di lapangan dalam 43 pertandingan. Madrid "cuma" mencatatkan 125 gol atau rata-rata 2,9 per partai.

Rapor Madrid ketika Ronaldo tampil pun masih menyisakan cela. Mereka membukukan 32 kemenangan, sembilan hasil imbang, atau dua kekalahan.

Entah menyadari catatan tersebut atau tidak, Zidane tetap memandang penting peran Ronaldo. Sang bintang pun mendapatkan garansi starter untuk laga melawan Granada pada lanjutan La Liga, Sabtu (7/1/2017).

"Saya tidak akan mengistirahatkan dia pada Sabtu. Dia akan menjalani banyak pertandingan. Jangan khawatir," ucap Zidane seperti dilansir situs resmi klub, setelah partai kontra Sevilla.

Juara Penyelamatan-penyelamatan Terbaik Pekan Ke-19 Premier League

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorAnju Christian
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X