Kompas.com - 10/12/2016, 05:57 WIB
Para pemain timnas Indonesia bersalaman dengan pilar Thailand seusai laga pembuka Piala AFF 2016 di Stadion Philippine Sports Stadium, Bocaue, Sabtu (19/11/2016). KUKUH WAHYUDI/BOLA/JUARA.NETPara pemain timnas Indonesia bersalaman dengan pilar Thailand seusai laga pembuka Piala AFF 2016 di Stadion Philippine Sports Stadium, Bocaue, Sabtu (19/11/2016).
|
EditorAnju Christian

KOMPAS.com — Ada kesamaan antara perjalanan tim nasional (timnas) Thailand pada Piala AFF 2016 dan Indonesia pada Piala AFF 2010. Kedua tim sama-sama mengukir catatan impresif dari fase grup hingga semifinal.

Dimulai dari babak grup, Thailand meraup sembilan poin dari tiga pertandingan. Pasukan Kiatisuk Senamuang itu bahkan sudah memastikan tiket semifinal setelah pertandingan kedua.

Pada partai ketiga, Thailand tampil sebagai "penolong" Indonesia. Mereka mengalahkan Filipina sehingga membuka jalan tim Garuda untuk lolos ke semifinal.

Kecenderungan serupa ditunjukkan Indonesia enam tahun lalu. Tim yang juga diasuh oleh Alfred Riedl turut membantu Malaysia pada pertandingan ketiga.

Pertandingan ketiga sebenarnya tidak penting lagi buat Indonesia. Bambang Pamungkas cs sudah memastikan tiket empat besar setelah meraup enam poin dari dua laga pertama.

Namun, Indonesia tetap tampil total dan mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada pertandingan ketiga. Dengan situasi ini, Malaysia bisa lolos ke semifinal berkat kemenangan 5-1 atas Laos.

Di semifinal, Indonesia 2010 dan Thailand 2016 juga menunjukkan catatan serupa. Kedua tim selalu meraih kemenangan dan mencatat clean sheet dalam dua partai di babak ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Indonesia membukukan kemenangan agregat 2-0 atas Filipina, sedangkan Thailand mengalahkan Myanmar dengan agregat 6-0.

Apabila diakumulasi dari babak grup hingga semifinal enam tahun lalu, Indonesia cuma menderita dua gol. Catatan serupa dimiliki Thailand tahun ini.

Untuk edisi kali ini, Thailand akan melawan Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12/2016), dan Stadion Rajamanggala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.