Kompas.com - 08/12/2016, 07:28 WIB
Kiper Indonesia, Kurnia Meiga dan bek Fachruddin Ariyanto mengamankan bola dari dua pemain Filipina di Philippine Sports Stadium, Selasa (22/11/2016) malam. Dok. AFF Suzuki Cup Kiper Indonesia, Kurnia Meiga dan bek Fachruddin Ariyanto mengamankan bola dari dua pemain Filipina di Philippine Sports Stadium, Selasa (22/11/2016) malam.
|
EditorAloysius Gonsaga AE

Laporan Langsung Ferril Dennys dari Hanoi, Vietnam

HANOI, KOMPAS.com - Bek timnas Indonesia, Fachruddin Aryanto, mengaku kaget dengan keberhasilan timnya lolos ke babak final Piala AFF 2016.

Indonesia meraih tiket final dengan menahan imbang Vietnam dengan skor 2-2 pada pertandingan kedua semifinal Piala AFF 2016 di Stadion My Dinh Hanoi, Rabu (7/12/2016).

Kedua tim dipaksa melakoni babak tambahan karena Vietnam unggul 2-1 selama 90 menit. Pada babak tambahan, Indonesia mampu menyamakan kedudukan berkat gol Manahati Lestusen pada menit ke-96.

Hasil itu membuat Indonesia melangkah ke final dengan keunggulan  agregat 4-3. Sebab, pada leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (3/12), Indonesia menang 2-1.

"Kaget, Mas. Kemarin kami lolos semifinal saja luar biasa lihat grup kita kayak gitu," kata Fachruddin.

Lolosnya Indonesia ke final memang sebuah kejutan. Boaz Solossa dan kawan-kawan menghuni grup maut bersama Singapura, Filipina, dan Thailand. Selain itu, skuad Indonesia terbatas karena pembatasan pelepasan 2 pemain oleh klub.

Di final, Indonesia akan bertemu Thailand atau Myanmar. Kedua tim akan melakoni semifinal kedua pada Kamis (8/12/2016).

Indonesia akan terlebih dulu menjadi tuan rumah pada leg pertama, 14 Desember 2016.

"Kami akan melawan yang lebih berat. Konsentrasi kami tambah lagi," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.