Tragedi Pesawat Jatuh, Conmebol Hentikan Semua Aktivitas Sepak Bola

Kompas.com - 29/11/2016, 14:46 WIB
Gambar pesawat yang membawa klub sepak bola Brasil, Chapecoense, dan jatuh di Kolombia, Senin (28/11/2016). Dok. El ColombianoGambar pesawat yang membawa klub sepak bola Brasil, Chapecoense, dan jatuh di Kolombia, Senin (28/11/2016).
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) menghentikan semua aktivitas sepak bola, terkait dengan kecelakaan pesawat yang menimpa salah satu tim finalis Copa Sudamericana 2016, Chapecoense.

Pesawat tipe RJ85 yang mengangkut tim dikabarkan mengangkut 9 awak kapal dengan 72 penumpang dari klub tersebut. Terdapat juga di penerbangan tersebut 15 jurnalis yang akan meliput laga.

Pesawat yang dimiliki maskapai Lamia itu berangkat dari Bolivia pada Senin (28/11/2016) sore waktu lokal atau Selasa siang WIB dan putus kontak pada pukul 10.00 malam.

"Pesawat tersebut meminta prioritas untuk mendarat di Bandara Rionegro. Setelah izin diberikan, kami kehilangan kontak," ujar Alfredo Bocanegra, Direktur Aeirocivil, badan tertinggi pemerintah Kolombia yang mengurusi penerbangan sipil.

Dari perkembangan berita, sejumlah penumpan selamat dari kecelakaan tersebut. Namun, Conmebol tetap memutuskan untuk menunda segala aktivitas yang berkaitan degan sepak bola.

Otoritas tertinggi sepak bola Amerika Selatan tersebut memberikan pernyataan sebagai berikut di situs mereka:

"Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan telah mendapat pemberitahuan dari otoritas Kolombia bahwa pesawat yang ditumpangi delegasi Chapecoense Atletico asal Brasil mengalami kecelakaan sebelum mendarat di Kolombia,

"Kami terus berkomunikasi dengan otoritas yang berwajib dan menunggu laporan resmi.

"Keluarga Conmebol sangat menyesali kejadian ini.

"Semua aktivitas Konfederasi akan dibekukan menyusul pemberitahuan lebih lanjut.

"Presiden Alejandro Dominguez sekarang tengah menuju ke Medellin."

Chapecoense dijadwalkan berlaga pada final pertama Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional pada Rabu (30/11/2016) di Medellin.

Copa Sudamericana merupakan kompetisi antarklub level kedua di Conmebol, di bawah Copa Libertadores. Pemenang akan meraih tiket untuk berkompetisi Copa Libertadores musim depan.

Final kompetisi tersebut berlangsung dengan format kandang dan tandang. Atletico Nacional menjadi tuan rumah terlebih dahulu. Rabu (7/12/2016) pekan depan, giliran Chapecoense yang menjadi tuan rumah. (Firzie Idris)

 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber JUARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X