Kompas.com - 06/11/2016, 14:09 WIB
|
EditorAnju Christian

SEVILLE, KOMPAS.com - Pelatih Sevilla, Jorge Sampaoli, menyatakan bahwa penghargaan Ballon d'Or perlu digandakan demi memberikan peluang untuk pemain selain Lionel Messi.

Bintang Barcelona itu memang mendominasi penghargaan. Sejak 2011, Messi meraih empat gelar. Dua lainnya dimenangi oleh sang rival, Cristiano Ronaldo.

Untuk edisi 2017, Messi dan Ronaldo kembali masuk daftar 30 kandidat. Keduanya pun diprediksi kembali melanjutkan dominasi.

Dari situ, Sampaoli pun melihat kecil peluang buat pemain lainnya memenangi Ballon d'Or.

"Jadi, seharusnya ada dua Ballon d'Or. satu untuk Messi dan sisanya untuk pemain lainnya," kata Sampaoli.

"Sejak kemunculan, Messi menunjukkan keunggulan jauh daripada pemain lain. Keinginan untuk membandingkan dia dengan sosok lain malah berujung sebuah kesalahan," tutur sang pelatih.

Sampaoli pun mewaspadai kualitas Messi menjelang pertemuan antara timnya dan Barcelona pada partai lanjutan La Liga di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Minggu (6/11/2016).

Terlebih lagi, Sevilla paling sering menjadi korban Messi. Dari 28 duel kontra Los Nervionenses, Messi menyarangkan 26 gol dan menciptakan sebelas assist.

"Ada rencana melawan Barcelona dan melawan Messi. Untuk menghentikannya, kami harus membuat Messi tidak berpartisipasi dan gagal mendapatkan bola," tutur Sampaoli.

Laga ini sekaligus menentukan konstelasi papan atas La Liga. Kini, Barcelona menempati posisi kedua dengan koleksi 22 angka atau unggul satu poin atas Sevilla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.