Kompas.com - 31/10/2016, 16:08 WIB
Manajer Liverpool, Juergen Klopp, melakukan selebrasi usai timnya dipastikan lolos ke final Liga Europa 2015-2016. OLI SCARFF/AFPManajer Liverpool, Juergen Klopp, melakukan selebrasi usai timnya dipastikan lolos ke final Liga Europa 2015-2016.
|
EditorEris Eka Jaya

KOMPAS.com - Manajer Liverpool Juergen Klopp tidak merasa bahwa absen dari kompetisi sepak bola Eropa pada musim ini akan memberi keuntungan bagi timnya dalam perburuan gelar Premier League.

Manchester City, Arsenal, dan Liverpool sama-sama meraih 23 poin setelah melewati 10 pertandingan liga, dengan ketiganya menempati posisi tiga besar klasemen sementara Premier League.

Namun, pada saat Man City menghadapi Barcelona dan Arsenal melawan Ludogorets pada fase grup Liga Champions pada pertengahan pekan ini, Liverpool "beristirahat" atau menyimpan tenaga sebelum melawan Watford, Minggu (6/11/2016).

Pada musim ini, The Reds memang absen dari kompetisi Eropa karena pada musim lalu hanya finis di peringkat kedelapan.

Namun, Klopp tidak sependapat dengan penilaian tidak bermainnya Liverpool di kompetisi Eropa akan menguntungkan bagi timnya.

"Semua orang berbicara tentang ini (tidak bermain di Eropa). Namun, saya berpikir 80 sampai 90 persen, di Eropa, tim juara adalah yang bermain di Liga Champions," katanya seperti dikutip dari FourFourTwo.com.

"Mengapa? Karena mereka memiliki kualitas. Mereka dapat merotasi pemain dan dapat beristirahat setiap kali. Ini tidak terlalu baik ketika Anda tidak berhasil," kata mantan pelatih Borussia Dortmund itu.

Sebenarnya, pada musim lalu, Liverpool mempunyai harapan untuk bisa bermain di Liga Champions lewat jalur Liga Europa. Sayang, di final, mereka dikalahkan oleh Sevilla dengan skor 1-3.

"Kadang-kadang, (tidak bermain di Eropa adalah) keuntungan. Namun, pada akhirnya, mengapa tim memenangi liga dengan semua pertandingan yang intens pada pertengahan pekan? Mungkin mereka menemukan jawaban," kata Klopp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.