Kompas.com - 07/10/2016, 12:04 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

KOMPAS.com — Juara Copa America, Cile, menderita kekalahan memalukan di tangan Ekuador dalam Kualifikasi  Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan (Conmebol), Jumat (7/10/2016).

Pelatih Cile, Juan Antonio Pizzi, mengatakan, kekalahan itu semata-mata karena kesalahan dirinya.

Cile gagal mengendalikan permainan karena sering melakukan kesalahan dan harus "membayar mahal" karena kecerobohannya itu.

Dalam laga itu, Cile tertinggal karena lesakan gol yang diciptakan oleh Antonio Valencia pada menit ke-19.

Setelah itu, empat menit kemudian, Ekuador menambah keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Christian Ramires.

Ekuador memantapkan keunggulan pada menit ke-46 lewat gol yang dilesakkan oleh Felipe Caicedo. Laga pun berakhir dengan skor 3-0 untuk Ekuador.

Soal kekalahan yang dialami timnya itu, Pizzi menolak untuk menyalahkan kinerja "loyo" para pemainnya.

"Saya bertanggung jawab atas kekurangan individu dan kolektif. Sayalah yang mengendalikan pendekatan terhadap tim," ujarnya.

"Secara keseluruhan, kami melampaui dalam setiap aspek dari permainan. Kami merencanakan untuk menguasai penguasaan bola, tetapi kami tidak mengendalikan permainan," ujarnya.

Sementara itu, kiper Cile, Claudio Bravo, yang kembali ke skuad setelah absen dalam dua pertandingan kualifikasi sebelumnya, menolak untuk "menggunakan" alasan ketinggian kawasan Quito di Ekuador sebagai penyebab kekalahan.

AFP Penjaga gawang Cile, Claudio Bravo, tampil pada laga Copa America Centenario kontra Bolivia, di Gillette Stadium, Foxborough, Amerika Serikat, pada 10 Juni 2016.

"Tidak ada alasan dalam masalah ketinggian. Memang sangat sulit untuk bermain di sini. Secara fisik, rumit jika Anda tidak menguasai bola di kaki Anda," katanya.

Karena kekalahan ini, Cile harus berada di peringkat ketujuh dengan raihan 11 poin.

Sementara itu, Ekuador naik ke peringkat ketiga klasemen Zona Conmebol dengan raihan 16 poin dari sembilan laga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.