Jerman Minim Gol, Loew dan Mueller Gelisah

Kompas.com - 22/06/2016, 07:49 WIB
Ekspresi pelatih Jerman, Joachim Loew, saat mendampingi timnya melawan Irlandia Utara, dalam laga Grup C Piala Eropa 2016 di Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat. PATRIK STOLLARZ/AFPEkspresi pelatih Jerman, Joachim Loew, saat mendampingi timnya melawan Irlandia Utara, dalam laga Grup C Piala Eropa 2016 di Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

PARIS, KOMPAS.com - Pelatih Jerman, Joachim Loew, mensyukuri kemenangan tipis timnya atas Irlandia Utara. Namun, Loew menilai Jerman seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol.

Jerman memastikan lolos ke babak 16 besar dengan memuncaki klasemen Grup C Piala Eropa 2016 setelah menang 1-0 atas Irlandia Utara, di Parc des Princes, Paris, Selasa (21/6/2016) waktu setempat.

Gol kemenangan Jerman diciptakan oleh Mario Gomez pada menit ke-29, hasil kerja sama dengan Thomas Mueller.

Sebetulnya, Der Panzer - julukan tim nasional Jerman - memiliki banyak peluang sepanjang pertandingan tersebut. Mereka tercatat menciptakan 26 tembakan yang sembilan di antaranya tepat sasaran.

Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, Jerman tak mampu menggandakan keunggulan. Fakta itu pun mendapatkan sorotan dari Loew.

"Kami menciptakan banyak peluang yang sangat baik, tetapi semuanya terbuang sia-sia. Lawan kami juga tak memiliki kesempatan untuk mencetak gol," ujar Loew seperti dilansir situs resmi Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB).

"Kami hanya perlu bermain lebih terarah dan konsisten. Sebenarnya, kami bermain bagus. Namun, akan lebih baik jika kami bisa meraih hasil yang lebih tegas," tutur pelatih 56 tahun itu.

Persoalan tumpulnya lini serang Jerman juga dibahas oleh Mueller. Gelandang andalan Bayern Muenchen itu menyatakan ketidakpuasannya terkait kemenangan tipis yang diraih Jerman.

Wajar saja jika Mueller merasa tidak puas. Pasalnya, berdasarkan statistik WhoScored, Mueller merupakan pemain Jerman yang paling banyak melepaskan tembakan, yakni enam kali.

Selain itu, dari keenam percobaan Mueller tersebut, dua di antaranya hanya membentur tiang gawang Irlandia. Fakta itu membuat Mueller frustrasi.

"Kami kekurangan gol. Bahkan, malam ini seharusnya saya bisa menjadi pencetak gol terbanyak pada turnamen ini. Jumlah peluang saya pada laga ini adalah yang terbanyak dari delapan pertandingan sebelumnya," tutur Mueller.

Pada babak 16 besar, Jerman sebagai juara Grup C akan berhadapan dengan salah satu peringkat ketiga terbaik dari Grup A, B atau F.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X