Eder Dedikasikan Gol untuk Seluruh Rekan Setimnya

Kompas.com - 18/06/2016, 06:02 WIB
Penyerang Italia, Eder, melakukan selebrasi usai membobol gawang Swedia, dalam laga Grup E Piala Eropa 2016, di Stade de Toulouse, Jumat (17/6/2016). PASCAL PAVANI/AFPPenyerang Italia, Eder, melakukan selebrasi usai membobol gawang Swedia, dalam laga Grup E Piala Eropa 2016, di Stade de Toulouse, Jumat (17/6/2016).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

TOULOUSE, KOMPAS.com - Penyerang Italia, Eder (29), sukses mencetak gol pada menit ke-88 dan membawa negaranya menang 1-0 atas Swedia. Eder pun mendedikasikan gol itu kepada seluruh rekan setimnya.

Kemenangan atas Swedia di Stade de Toulouse, Jumat (17/6/2016) tersebut meloloskan Italia ke babak 16 besar Piala Eropa 2016. Italia menduduki puncak klasemen Grup E dengan raihan enam poin dari dua laga.

"Saya bahagia, terutama untuk semua rekan, mengingat betapa kerasnya kami bekerja. Setelah laga melawan Belgia pun saya merasa senang, meskipun saat itu saya tak mencetak gol. Ketika kita bekerja keras, kebahagiaan selalu datang," ujar Eder seperti dilansir UEFA.com.

Sepanjang laga, penguasaan bola Italia tidak lebih baik dari Swedia. Skuad asuhan Antonio Conte tersebut hanya mencatatkan 47 persen penguasaan bola, berbanding 53 persen milik Swedia.

Namun, pertahanan Italia yang dikawal oleh Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, dan Leonardo Bonucci tampil begitu kokoh. Para pemain Swedia, termasuk Zlatan Ibrahimovic, sama sekali tak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran.

Menjadi penentu kemenangan Azzurri, julukan timnas Italia, Eder pun mempersembahkan golnya untuk seluruh rekan setimnya.

"Tidak ada pertandingan yang mudah. Kami tahu itu akan sulit. Hal-hal mendetail adalah sesuatu yang bisa membuat perbedaan dalam sepak bola, dan itulah yang telah kami lakukan," ucap Eder yang diboyong Internazionale Milan pada Januari 2016.

"Saya mendedikasikan gol ini untuk seluruh tim, semua orang yang telah bekerja dengan kami sejak tahun lalu hingga sekarang," tutur pemain kelahiran Lauro Mueller, Brasil itu.

Eder memang kelahiran Brasil. Namun, ia mempunyai darah keturunan Italia dari sang kakek, Battista Righetto, yang berasal dari daerah Veneto. Eder pun akhirnya memilih Italia sebagai kewarganegaraannya berkat pemanggilan dari Conte.

Ia melakoni laga debut bersama Italia pada 28 Maret 2015, tepatnya saat melawan Bulgaria. Laga itu berakhir 2-2 dan Eder merupakan pencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-84.

Hingga sejauh ini, eks pemain Sampdoria tersebut sudah mencatatkan 12 laga bersama Italia, dan menorehkan tiga gol.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber UEFA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X