Kompas.com - 07/06/2016, 13:20 WIB
Ekspresi pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola, saat menyaksikan permainan anak asuhnya pada pertandingan kedua semifinal Liga Champions melawan Atletico Madrid, Selasa (3/5/2016). John MACDOUGALL / AFPEkspresi pelatih Bayern Muenchen, Josep Guardiola, saat menyaksikan permainan anak asuhnya pada pertandingan kedua semifinal Liga Champions melawan Atletico Madrid, Selasa (3/5/2016).
|
EditorAnju Christian

MANCHESTER, KOMPAS.com - Kehadiran Josep Guardiola sebagai Manajer Manchester City memberikan kabar baik untuk para pemain muda. Sebab, pria asal Spanyol ini berniat meregenerasi skuad.

Rencana ini diutarakan oleh Chairman Khaldoon Al Mubarak. Dia menyatakan sejumlah sosok senior senior bakal hengkang demi memberi ruang untuk pemain muda.

Maklum, rata-rata usia dari 24 pemain di skuad saat ini mencapai 29,4 tahun. Klub berjulukan The Citizens pun menyandang predikat skuad paling uzur di Premier League.

"Saat yang tepat beberapa pemain pergi. Sebab, kami harus menjaga keseimbangan antara beberapa kelompok usia. Tanggung jawab ini berada di tangan Guardiola," kata Mubarak seperti dilansir Sky Sports, Senin (6/6/2016).

Penuturan Mubarak senada dengan rumor transfer yang beredar sejauh ini. Man City disebut akan melego Eliquim Mangala, Yaya Toure, dan Wilfried Bony. Ketiganya berusia 25 tahun ke atas.

Untuk mengisi kekosongan, sejumlah pemain muda sudah menunjukkan kematangan. Ambil contoh Kelechi Iheanacho yang mampu menyumbang 14 gol hanya dalam kurun waktu 1.288 menit pada musim 2015-2016.

Jangan lupakan pula skuad Manchester City U-21 yang menjuarai Premier League International Cup 2014-2015 dan menembus semifinal edisi 2015-2016.

Kesempatan mereka untuk mengikuti jejak Iheanacho terbuka lebar. Sebab, Guardiola dikenal sebagai pelatih yang sering memberikan debut untuk pemain muda.

Saat menangani Barcelona, dia memberikan kesempatan debut La Liga untuk 15 pemain berusia 21 tahun ke bawah. Beberapa di antaranya adalah Sergio Busquets, Martin Montoya, dan Thiago Alcantara.

Kebijakan serupa diulangi Guardiola bersama Bayern Muenchen. Total sembilan pemain berumur 21 tahun ke bawah melakoni debut Bundesliga berkat Guardiola.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X