Kompas.com - 19/05/2016, 22:00 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelandang tim nasional (timnas) Indonesia, Evan Dimas Darmono, mengungkapkan bahwa faktor bahasa menjadi kendala terbesarnya selama berlatih di Espanyol B. Namun, pemain berusia 21tahun itu tetap percaya diri menunjukkan kebolehannya berbahasa Spanyol.

Evan Dimas sudah kembali ke Indonesia pada Kamis (19/5/2016). Sebelumnya, Evan mendapatkan kesempatan berlatih bersama klub Segunda B atau kasta kedua Liga Spanyol, Espanyol B, selama empat bulan.

Di luar makanan dan cuaca, faktor bahasa diakui oleh Evan membuat proses adaptasi di Negeri Matador terhambat. Pemain Bhayangkara Surabaya United (BSU) itu hanya sempat kedinginan pada awal kedatangannya di Spanyol.

"Kendala terberat saat saya berada di Spanyol adalah bahasa. Tetapi, saya tidak mengalami masalah dengan makanan dan cuaca di sana," kata Evan di kantor Kemenpora, Senayan, Kamis siang.

Mengantisipasi masalah tersebut, Evan menemukan sedikit solusi. Walaupun tak fasih, pemain kelahiran Surabaya sebisa mungkin menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

"Meskipun tidak bisa berbahasa Spanyol, saya mencoba dengan bahasa Inggris. Meskipun saya juga tidak terlalu bisa bahasa Inggris, yang penting percaya diri saja," ucap Evan yang diiringi gelak dari awak media.

Walaupun mengaku sulit untuk menggunakan bahasa Spanyol, Evan Dimas ternyata mengeluarkan sedikit kebisaannya dalam bahasa nomor empat di dunia tersebut.

"Ya, beberapa yang sering saya gunakan yaitu muchas gracias, buenos dias, buena tarde, dan hola," tuturnya. (Segaf Abdullah)

Juara Gol Pamungkas Di Natale
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber JUARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.