Kompas.com - 30/03/2016, 07:02 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE

KOMPAS.com - Mantan pemain top timnas Kolombia, Faustino Asprilla, berbicara soal kondisi kompatriotnya di Real Madrid, James Rodriguez. Dia menyebut klub harus lebih menunjukkan cintanya kepada pemain tersebut, di samping faktor Rafael Benitez sebagai biang menurunnya performa mantan pemain AS Monaco itu.

Masa depan James di Santiago Bernabeu menjadi tidak menentu, seiring grafik permainannya yang menukik. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa James mungkin masuk daftar jual pada bursa transfer musim panas.

Namun Asprilla menilai penjualan bukan solusi terbaik karena James masih menjadi bagian penting bagi klub berjulukan Los Blancos tersebut.

"Bukan berarti James lebih produktif untuk Kolombia dibandingkan Madrid tetapi di sana dia diberikan apa yang dia butuhkan," ujar Asprilla, yang merupakan mantan pemain Newcastle United dan Parma ini, kepada Marca.

"Madrid tidak memberikan kepadanya apa yang dia butuhkan. Dia pemain muda, sangat berbaket, tetapi James tidak mendapatkan cinta yang dia butuhkan di klub."

"Ketika dia bersama Carlo Ancelotti, dia memperlihatkan nilai yang sebenarnya. Musim ini dia tidak bisa membuktikan apapun karena tak diberi perlakuan khusus yang setiap pemain perlukan di klub mereka."

Lebih jauh, Asprilla berbicara tentang Benitez, yang kini menjadi manajer Newcastle. Dia menilai, Benitez menjadi sosok yang paling bertanggung jawab terhadap penurunan performa bintang Kolombia pada Piala Dunia 2014 ini, juga beberapa pemain Kolombia.

"Saya sangat yakin itu. Ini satu-satunya cara saya bisa menjelaskan sikapnya terhadap sejumlah rekan senegaraku," ujar Asprilla.

"James mengalami musim yang luar biasa pada tahun pertama di klub, kemudian orang ini datang dan mengirimnya ke bangku cadangan. Saya tidak berpikir soal itu karena sikapnya di sepak bola. Dia benar-benar mengesampingkan Camilo Zuniga dan Duvan Zapata di Napoli."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.