Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2016, 07:29 WIB
|
EditorJalu Wisnu Wirajati
MILAN, KOMPAS.com - Inter Milan akhirnya resmi menjual Fredy Guarin ke klub China, Shanghai Shenhua. Penjualan Guarin membuat Inter meraup untung 4,7 juta euro atau setara Rp 71 miliar.

Setelah sempat terjadi tarik-ulur dalam negosiasi transfer, Guarin akhirnya bergabung dengan klub Liga Super China itu pada Rabu (27/1/2016). Dia mengikuti Gervinho yang telah lebih dulu mendarat di Negeri Tirai Bambu, sehari sebelumnya. 

"Shanghai Shenhua telah mencapai kesepakatan dengan Inter atas transfer Fredy Guarin. Pemain tim nasional Kolombia itu saat ini telah resmi bergabung dengan Shenhua," tulis pernyataan Shanghai Shenhua dikutip dari Weibo.

Menurut situs Transfermarkt, Inter mengantungi uang sekitar 13 juta euro atau 196 miliar rupiah lewat penjualan Guarin ke Shenhua.

Kalau dilihat dari sudut pandang ekonomi, transfer sang gelandang merupakan langkah tepat buat mendatangkan profit. Secara kasar, Inter meraih keuntungan 500 ribu euro dari selisih nilai transfer Guarin.

Klub berjulukan Nerazzurri (Hitam-Biru) itu membeli Guarin secara permanen dari Porto seharga 11 juta euro pada Juli 2012.

Sebelumnya, Inter juga mengeluarkan 1,5 juta euro untuk biaya pinjam sang pemain dari Porto pada Januari 2012. Jika dijumlahkan, transfer Guarin memakan biaya total 12,5 juta euro.

Penghematan lebih besar muncul dari sektor gaji. Di Inter, Guarin diganjar upah 2,8 juta euro per musim. Sebelum dijual, pemain berusia 29 tahun itu masih terikat kontrak sampai 2017.

Karena ikatannya selesai prematur, Inter tak perlu membayar sisa 1,5 tahun kontrak Guarin dengan upah tersisa 4,2 juta euro.

Penjumlahan profit transfer senilai 500 ribu euro dan penghematan gaji 4,2 juta euro itulah yang masuk neraca keuntungan Inter menjadi 4,7 juta euro.

Jumlah tersebut tentu belum menghitung depresiasi alias penyusutan terhadap nilai Guarin selama empat tahun.

Namun, jika data di Transfermarkt menjadi acuan lagi, Inter juga meraup untung atas penjualannya. Uang 13 juta euro yang masuk kas Inter lebih besar dari nilai pasar Guarin saat ini yang mencapai 10,5 juta euro.

Walau tidak drastis, keuntungan Nerazzurri dari penjualan Guarin layak diapresiasi mengingat sang pemain termasuk komoditas yang paling mungkin dijual klub pada bursa Januari ini. (Beri Bagja)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Juara.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+