Kompas.com - 07/01/2016, 11:03 WIB
Gelandang East Riffa, Adam Alis. Dok. PribadiGelandang East Riffa, Adam Alis.
|
EditorJalu Wisnu Wirajati

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pemain muda Indonesia, Ryuji Utomo, dan Adam Alis, terpaksa harus mengakhiri petualangannya di Bahrain. Kedua pemain tersebut tak dipertahankan oleh klubnya masing-masing pada bursa transfer musim dingin ini.

Ryuji berkarier di Al Najma (klub Bahraini Premier League) sejak 17 Agustus 2015, setelah direkrut dari Mitra Kukar. Ryuji berhasil mencetak gol perdana saat Al Al Najma menang 4-0 atas Al Tadamun Buri, Sabtu (19/12/2015).

Lalu apa penyebab Ryuji tak dipertahankan?

Muly Munial sebagai agen Ryuji menjelaskan bahwa kliennya tidak dipertahankan karena sudah tidak sesuai dengan kebutuhan tim. Menurut Muly, Al Najma membutuhkan penyerang dan ingin memanfaatkan bek lokal.

"Salah satu penyerang mereka cedera sehingga butuh cari pengganti. Jadi, ini murni kebutuhan tim, bukan lantaran performa mereka yang buruk," kata Muly kepada Kompas.com, Kamis (7/1/2016).

Sementara itu, Adam membela East Riffa sejak September 2015. Gelandang berusia 21 tahun tersebut melakukan pengorbanan besar untuk berkarier di Bahrain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemain yang pernah memperkuat Persija Jakarta tersebut memutuskan mundur dari pendidikan Tentara Nasional Indonesia (TNI) demi bisa berkarier di Bahrain.

Sama halnya dengan Ryuji, Adam harus tersingkir dengan alasan kebutuhan tim. Muly menjelaskan bahwa East Riffa akan lebih banyak mengandalkan pemain tengah yang bermain di tim nasional.

"Pelatih puas dengan penampilan Adam. Dia bermain 60 persen musim ini. Kenapa tidak 100 persen? Keberadaan pemain timnas (Bahrain) di lini tengah sehingga pemain menumpuk di lini tersebut," ujarnya.

"Apalagi, mereka butuh penyerang jadi Adam yang dikorbankan. Adam bukannya tidak bagus tetapi manajemen memilih pemain tengah timnas," tutur Muly.

Muly memahami keputusan klub kaena situasi seperti ini memang sering terjadi di Bahrain,

"(Hal ini) Sudah masuk perhitungan kami. Minimal, untuk anak-anak, (bisa) latihan dan menambah pengalaman selama kekosongan kompetisi," ujarnya. 

Rencananya, kedua pemain ini akan kembali ke Indonesia pada pekan depan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X