Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ryuji, Pintu Gerbang Pemain Indonesia Berkarier di Bahrain

Kompas.com - 14/08/2015, 20:15 WIB
Ferril Dennys

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Muly Munial, pemilik Munial Sports Group (MSG) sekaligus perwakilan Ryuji Utomo, berharap kliennya bisa menjadi pintu gerbang pemain Indonesia untuk berkarier di Bahrain.

Muly dijadwalkan mendampingi Ryuji ke Bahrain untuk merampungkan proses transfernya dengan Al Najma. Mereka akan terbang ke Bahrain pada Senin (17/8/2015) pukul 14.30. Rencananya, Ryuji akan menandatangani kontrak setahun bersama klub Liga Premier Bahrain tersebut.   

"Ini sebuah kesempatan bagi dia untuk bermain di luar negri. Saya berharap dia bisa berkembang di sana. Untuk sementara. dia dikontrak setahun, tetapi mudah-mudahan bisa diperpanjang," kata Muly saat ditemui Kompas.com di kantornya, Jumat (14/8/2015) siang.
 
Kehadiran Ryuji diharapkan Muly menjadi jembatan bagi pemain lain Indonesia berkarier di Bahrain. "Saat berada di sana, saya berharap bisa bertemu klub-klub lain untuk mengenalkan pemain Indonesia," tuturnya.

Muly memang memiliki keinginan ada pemain Indonesia yang bisa berkarier di luar negeri dalam jangka waktu panjang. "Bisa ke Jepang atau Australia. Jangan muluk-muluk ke Eropa. Saya pikir Jepang cukup bagus, lantaran secara fisik tidak jauh beda dengan Indonesia," ujarnya.  

"Daripada mengincar liga besar tetapi si pemain hanya duduk di bangku cadangan, lebih baik main di liga lebih rendah namun tetap dengan kualitas yang lebih bagus daripada di Indonesia. Paling penting, anak-anak ini bisa bermain. Saya lagi kerja untuk mewujudkan ini karena tidak mudah," bebernya.

Kompas.com/Ferril Dennys Pemilik Munial Sports Group, Muly Munial.

Dalam perbincangan dengan Kompas.com beberapa waktu lalu, Ryuji mengaku dirinya takkan menyia-nyiakan kesempatan ini. Ia ingin menunjukkan bahwa pemain Indonesia bisa bersaing dengan pemain lain di luar negeri.

"Semoga saya bisa lebih baik," ujar pemain keturunan Jepang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com