Kompas.com - 01/01/2016, 07:11 WIB
EditorJalu Wisnu Wirajati


BOLOGNA, KOMPAS.com
- Pelatih Bologna, Roberto Donadoni, selalu memimpikan untuk bisa kembali ke AC Milan, namun bukan sebagai pemain melainkan pelatih. 

Donadoni pernah membela Milan dalam dua periode. Pelatih berusia 52 tahun itu pertama kali bergabung dengan Rossoneri pada 1986 hingga 1996. 

Dia sempat hengkang ke klub Major League Soccer, MetroStar yang kini menjadi New York Red Bulls, sebelum kembali ke Milan pada 1997.

Secara total, Donadoni pernah membela Milan di 352 pertandingan dan menyumbangkan 19 gol. Meski dia dibesarkan oleh Atalanta, tetapi cintanya sudah terpatri bersama Rossoneri.

Donadoni pun berharap suatu saat nanti ia bisa kembali menjadi bagian dari tim AC Milan. Dia tak pedulil AC Milan saat ini tengah mengalami penurunan drastis.  

"Tentu saja saya memiliki ambisi untuk menjadi pelatih klub besar. Bahkan hingga hari ini saya masih memiliki perasaan spesial setiap kali berjalan meninggalkan lapangan di San Siro dan menerima sambutan dari fans Rossoneri. Semua itu membuat saya merinding," kata Donadoni kepada Corriere dello Sport, Kamis (31/1/2015)

Mengenai kemunduran AC Milan, Donadoni mengaku tidak tahu menahu tentang penyebab utamanya. Namun, mantan pelatih tim nasional Italia itu menyebut bahwa intinya semua orang tidak bisa bersikap dan berpikir statis dengan situasi yang ada.

"Saya sempat berbicara dengan Presiden Silvio Berlusconi melalui telepon beberapa bulan lalu. Jujur, saya tidak tahu apa yang terjadi di Milan," ujar Donadoni.

"Saya sudah melakukan pekerjaan ini selama beberapa tahun dan saya menyadari bahwa semua orang perlu bersikap fleksibel dan menyesuaikan diri dengan situasi baru," ucapnya.

Donadoni mengakhiri karier di Ittihad pada 2000. Setahun berselang, dia menjalani karier baru sebagai pelatih. Tidak seperti saat masih menjadi pemain, Donadoni belum sekali pun mencicipi gelar saat sebagai pelatih. (Verdi Hendrawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Juara.net
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.