Kompas.com - 25/09/2015, 23:06 WIB
Komedian Inggris, Simon Brodkin, melempar ratusan lembar uang dollar AS palsu ke Presiden FIFA, Sepp Blatter, Senin (20/7/2015). TELEGRAPHKomedian Inggris, Simon Brodkin, melempar ratusan lembar uang dollar AS palsu ke Presiden FIFA, Sepp Blatter, Senin (20/7/2015).
|
EditorAloysius Gonsaga AE

ZURICH, KOMPAS.com — Kejaksaan Swiss membuka pemeriksaan terkait dugaan penyalahgunaan wewenang oleh Presiden FIFA, Joseph Blatter, Jumat (25/9/2015). Guna mendukung pemeriksaan ini, mereka turut menggeledah kantor Blatter.

Pada Jumat (25/9/2015), FIFA sebenarnya merencanakan sebuah konferensi pers. Blatter bakal berbicara dalam momen tersebut. Namun, rencana tersebut dibatalkan tanpa alasan.

Tak lama setelah pembatalan itu, Kejaksaan Agung Swiss merilis pernyataan yang berisi bahwa mereka melakukan interogasi terhadap Blatter setelah menjalani pertemuan dengan Komite Eksekutif FIFA, Jumat.

"Kepolisian Swiss telah melakukan penggeledahan di markas FIFA dengan dukungan Kepolisian Federal. Kantor Presiden FIFA juga digeledah, dan beberapa data disita," demikian isi pernyataan tersebut.

Ada dua kasus yang melibatkan Blatter. Pertama, Blatter diduga merugikan FIFA dari sisi pemasaran melalui kontrak dengan Federasi Sepak Bola Karibia pada 12 September 2005.

Kedua, dia diduga mengorbankan FIFA dengan melakukan pembayaran disloyal dari CHF 2 Mio untuk Presiden UEFA Michel Platini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.