Skenario Undian Fase Grup Liga Champions, Bakal Ada Grup Neraka

Kompas.com - 27/08/2015, 08:31 WIB
Logo Liga Champions. UEFA.comLogo Liga Champions.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Usai sudah babak kualifikasi Liga Champions musim 2015-2016. Astana, BATE Borisov, Bayer Leverkusen, Manchester United, CSKA Moskwa, Dinamo Zagreb, Malmo FF, Maccabi Tel Aviv, Shakhtar Donetsk, dan Valencia berhak lolos ke fase grup kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut untuk melengkapi kuota 32 tim yang akan bertarung pada fase tersebut.

Selanjutnya, 32 klub yang tampil pada babak utama akan dibagi ke dalam empat pot. Para tim juara liga domestik negara yang menempati posisi delapan besar ranking tertinggi UEFA akan berada di pot 1, yang berarti Chelsea terhindar dari Barcelona, Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Paris Saint-Germain, Zenit St Petersburg, dan PSV Eindhoven.

Akan tetapi, The Blues berpeluang menghadapi dua raksasa Liga Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid, yang berada di pot 2. Pot ini dihuni klub menurut koefisiennya sehingga Manchester United, yang meskipun harus melewati babak kualifikasi, berada di pot 2.

Dengan sistem pembagian tersebut, grup neraka mungkin saja muncul. Akan tetapi, UEFA memastikan bahwa pertemuan dini antarklub dari satu negara tidak akan terjadi pada fase grup.

Acara pengundian, yang akan dibawakan oleh Peter Schmeichel dan Melanie Winiger, akan dilakukan di Monaco pada Kamis (27/8/2015) pukul 17.45 CET atau 22.45 WIB. Hasil undian tersebut juga berlaku untuk UEFA Youth League.

Pembagian pot

Pot 1: Barcelona, Chelsea, Bayern Muenchen, Juventus, Benfica, Paris, Zenit, PSV Eindhoven

Pot 2: Real Madrid, Atletico Madrid, Porto, Arsenal, Manchester United, Valencia, Bayer Leverkusen, Manchester City

Pot 3: Shakhtar Donetsk, Sevilla, Lyon, Dynamo Kyiv, Olympiacos, CSKA Moskwa, Galatasaray, Roma

Pot 4: BATE Borisov, Borussia Muenchengladbach, Wolfsburg, Dinamo Zagreb, Maccabi Tel-Aviv, Gent, Malmo, Astana

Pertandingan fase grup dimulai pada 15 September. Matchday terakhir fase ini berlangsung pada 9 Desember.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber UEFA
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X