Kompas.com - 19/08/2015, 18:22 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, Kompas.com - PSSI secara resmi membatalkan Piala Proklamasi yang akan mempertemukan juara Indonesia Super League, Persib Bandung, melawan Arema Cronus. Berdasarkan jadwal, duel dua tim raksasa di Tanah Air ini akan berlangsung pada 22 Agustus.

"Memang benar. Piala Proklamasi resmi dibatalkan. Ada beberapa hal yang menjadi alasan pembatalannya," ujar Sekjen PSSI, Azwan Karim, di Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Piala Proklamasi merupakan satu dari 15 rekomendasi dari rapat Komite Eksekutif PSSI pada 3 Agustus lalu. Sesuai rencana awal, pertandingan akan dilakukan 15 Agustus, tetapi diundur menjadi 22 Agustus.

Karim menjelaskan, ada beberapa alasan sehingga Piala Proklamasi harus dibatalkan, di antaranya proses perizinan dari kepolisian yang belum jelas. Kondisi ini dinilai akan berdampak pada persiapan kedua tim yang akan bertanding.

"Mabes Polri masih melakukan kajian pada seluruh aspek terhadap PSSI terkait dengan putusan PTUN terhadap SK Menpora. Sementara waktu persiapan pertandingan sudah mepet, jadi kami putuskan dibatalkan," tambahnya.

Selain masalah izin, kata dia, alasan dibatalkanya Piala Proklamasi juga karena belum ada kepastian dari televisi untuk menyiarkan laga tersebut, sehingga tujuan rapat Exco di mana pertandingan tersebut harus dapat dinikmati masyarakat luas melalui tayangan televisi tidak tercapai.

"TV minta kick-off malam, sedangkan hasil konsultasi panpel dengan kepolisian, kalau pun diberi izin, hanya untuk main sore. TV partner tidak punya slot pada sore hari. Jadi atas dua fakta kendala tersebut, laga tersebut batal," kata Karim.

Dengan dibatalkannya Piala Proklamasi, praktis kedua tim ini tinggal mempersiapkan diri untuk menghadapi turnamen Piala Presiden. Sesuai rencana, turnamen yang digagas Mahaka itu akan digulirkan pada 30 Agustus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.