Kompas.com - 19/03/2015, 22:14 WIB
Logo Indonesia Super League (ISL) 2015. Dok. PT Liga IndonesiaLogo Indonesia Super League (ISL) 2015.
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, Kompas.com - Arema Cronus dan Persebaya Surabaya masih terkendala masalah legalitas sehingga dua klub besar peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) itu tetap dimasukkan kategori C oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

"Selain Arema dan Persebaya, ada empat klub yang masuk kategori C atau atau belum melengkapai tiga aspek wajib (di antaranya legalitas)," kata Sekjen BOPI Heru Nugroho di Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Empat klub lain yang masuk kategori C adalah Pelita Bandung Raya, Gresik United, Pusamania Borneo FC dan Persiram Raja Ampat. Jumlah ini sudah mengalami penurunan karena PSM Makassar dan Bali United telah naik ke kategori B.

Menurut dia, dengan belum tuntasnya masalah dokumen ini pihaknya memberikan waktu sekitar satu pekan untuk melengkapinya. Hal ini dilakukan agar rekomendasi bisa dikeluarkan dan kick-off ISL tetap bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yaitu 4 April.

"Harapan kami bisa diselesaikan secepatnya. Kalau tidak, bisa saja kompetisi ini tidak akan melibatkan enam klub itu. Yang jelas rekomendasi akan dikeluarkan satu pekan menjelang kick-off," tambahnya.

Meski masih ada enam klub yang masuk kategori C, Heru menegaskan jika BOPI sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan PT Liga Indonesia selaku operator kompetisi serta klub peserta ISL yang lain yang terus berusaha memenuhi kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Salah satu kemajuan yang dinilai cukup signifikan itu terkait dengan diserahkannya dokumen kontrak pemain dan pelatih oleh masing-masing klub. Tinggal satu klub saja yang belum melengkapinya yaitu Pelita Bandung Raya.

"Tingkat kelengkapan dokumen secara keseluruhan saat ini sudah di atas 70 persen. Jika ketiga aspek itu sudah dipenuhi maka akan dimasukkan ke kategori B dan berpeluang direkomendasikan," kata Ketua Umum BOPI Mayjen (Purn) Noor Aman.

Berikut hasil verifikasi lanjutan klub ISL 2015 hingga 19 Maret 2015:

Kategori A (Kelengkapan dokumen >75% dan dokumen tiga aspek wajib telah terpenuhi)

1. Sriwijaya FC (Kategori: A-)
2. Persib Bandung (Kategori: A-)
3. Persipura (Kategori: A-)
Catatan: (*) Ketiga tim belum melengkapi dokumen kegiatan sosial

Kategori B (Kelengkapan dokumen 50-75% dan dokumen tiga aspek wajib telah terpenuhi)

1. Persela Lamongan (Kategori: B)
2. Persiba Balikpapan (Kategori: B+)
3. Mitra Kukar (Kategori: B)
4. Barito Putera (Kategori: B)
5. Perseru Serui (Kategori: B)
6. Semen Padang (Kategori: B)
7. Bali United (Kategori: B)
8. PSM Makassar (Kategori: B)
9. Persija Jakarta (Kategori: B+)

Kategori C (Dokumen tiga aspek wajib belum terpenuhi)

1. Pelita Bandung Raya (Kategori: C)
2. Arema Cronus (Kategori: C)
3. Gresik United (Kategori: C+)
4. Pusamania Borneo (Kategori: C)
5. Persiram Raja Ampat (Kategori: C)
6. Persebaya Surabaya (Kategori: C).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.