Kompas.com - 13/01/2015, 06:17 WIB
Pemain naturalisasi dari Belanda, Stefano Lilipaly mengikuti sesi latihan seleksi tim nasional Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2013). Pada laga yang berlangsung pada 23 Maret mendatang Indonesia akan ditantang Arab Saudi dalam laga kedua Pra-Piala Asia Australia 2015. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Pemain naturalisasi dari Belanda, Stefano Lilipaly mengikuti sesi latihan seleksi tim nasional Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2013). Pada laga yang berlangsung pada 23 Maret mendatang Indonesia akan ditantang Arab Saudi dalam laga kedua Pra-Piala Asia Australia 2015.
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA - Stefano Lilipaly tiba di Indonesia pada awal pekan ini. Setelah menyelesaikan tes kesehatan gelandang serang naturalisasi asal Belanda akan langsung diboyong Persija ke Padang untuk menjalani turnamen pramusim SCTV Cup.

Meski demikian, pelatih Macan Kemayoran, Rahmad Darmawan, kemungkinan besar tidak akan memainkannya. RD ragu pemain barunya itu belum bisa beradaptasi dengan tim dalam waktu singkat. RD menilai Stefano Lilipaly belum siap secara fisik dan mental tampil bersama Persija.

"Saya tidak menjamin ia langsung tampil sebagai pemain inti atau masuk daftar cadangan. Biar ia latihan bareng dengan pemain lain. Merasakan atmosfer kebersamaan dengan seluruh elemen tim. Masih banyak waktu memainkannya," tutur mantan pelatih Persebaya Surabaya ini.

Pilihan membawa Lilipaly ke Padang tujuan utamanya percepatan proses adaptasi.

"Dibanding Lilipaly latihan sendirian tanpa pengawasan lebih efektif ia bergabung bersama pemain lain. Kalau ternyata perkembangan adaptasinya lebih cepat dari prakiraan bisa saja ia akan saya turunkan. Akan tetapi mungkin pada tahap awal, menit bermainnya tidak banyak dulu," tambahnya.

Lilipaly menjadi salah satu pemain rekrutan baru Macan Kemayoran. Musim lalu ia berkiprah di kompetisi J-League 2 bersama Consadole Sapporo.

Di kompetisi Jepang permainannya tidak berkembang karena jarang dipercaya tampil sebagai pemain inti. Rasa frustrasi menjadi cadangan menyebabkan gelandang didikan FC Utrecht mengiyakan tawaran kontrak semusim dari Persija.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.