Taklukkan Hoffenheim, Dortmund Keluar dari Zona Degradasi

Kompas.com - 06/12/2014, 04:34 WIB
Gelandang Borussia Dortmund, Henrikh Mkhitaryan dan bek Hoffenheim, Andreas Beck (kiri), berebut bola dalam laga Bundesliga di Signal Iduna Park, Jumat (5/12/2014). AFP/PATRIK STOLLARZGelandang Borussia Dortmund, Henrikh Mkhitaryan dan bek Hoffenheim, Andreas Beck (kiri), berebut bola dalam laga Bundesliga di Signal Iduna Park, Jumat (5/12/2014).
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Borussia Dortmund meraih poin penuh ketika menjamu Hoffenheim di Signal Iduna Park pekan ke-14 Bundesliga, Jumat (5/12/2014) waktu setempat atau Sabtu (6/12) dini hari WIB. Tim besutan Juergen Klopp ini menang 1-0 lewat gol Ilkay Guendogan.

Raihan tiga poin ini membuat Dortmund keluar dari zona degradasi karena runner-up musim lalu tersebut kini naik ke peringkat ke-14 klasemen sementara dengan koleksi 14 poin. Meskipun demikian, posisi tim berlabel raksasa Bundesliga ini belum aman, karena jika empat tim di bawahnya meraih kemenangan pada Sabtu dan Minggu nanti, maka Dortmund akan kembali menjadi juru kunci.

Memang, performa Dortmund pada awal musim 2014/15 ini sangat memprihatinkan. Alih-alih menjadi penghalang Bayern Muenchen untuk terus merajai Liga Jerman, mereka justru terpuruk karena baru mengemas empat kemenangan dan sudah menelan delapan kekalahan.

Menjamu Hoffenheim, yang tiga kali di kalahkan dalam tujuh pertemuan sebelumnya di Signal Iduna Park - 3 kali imbang dan sekali kalah,  Dortmund langsung bermain agresif. Tak perlu waktu yang terlalu lama bagi Die Borussen untuk mencetak gol.

Pada menit ke-17, Guendogan mengoyak jala tim tamu. Dia dengan sempurna menyelesaikan umpan Pierre-Emerick Aubameyang dari sayap kanan, melalui sundulan, yang tak bisa dihalau kiper Hoffenheim, Oliver Baumann.

Namun, itu merupakan satu-satunya gol di babak pertama karena hingga turun minum skor tak berubah.

Usai jeda, Dortmund tetap mencoba mengendalikan jalannya pertandingan. Sayang, meskipun unggul 52 persen dalam penguasaan bola, The Black and Yellows ini tak mampu menambah gol sehingga hanya unggul 1-0.

Bagi Hoffenheim, kekalahan ini membuat mereka gagal menapaki papan atas klasemen sementara. Dengan merangkum 20 poin, Hoffenheim bertahan di peringkat ketujuh, tertinggal tiga poin dari Bayer Leverkusen di peringkat ketiga. Sedangkan puncak klasemen diduduki Bayern dengan koleksi total 33 angka.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X