Kompas.com - 26/11/2014, 21:16 WIB
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Singapura membuka asa lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2014 setelah meraih kemenangan 4-2 atas Myanmar pada matchday kedua Grup B di National Stadium, Singapura, Rabu (26/11/2014) malam. Shaiful Esah dan Hariss Harun menjadi pahlawan kemenangan tim Singa lewat torehan sepasang gol dari mereka berdua.

Hasil ini membuat Singapura berada dalam posisi yang bagus untuk mendampingi Thailand ke babak semifinal turnamen antara negara-negara Asia Tenggara ini, karena dengan raihan tiga poin, mereka berada di peringkat kedua klasemen sementara. Dengan demikian, mereka hanya butuh minimal hasil imbang ketika melawan Malaysia pada laga pamungkas, Sabtu (29/11).

Dari grup ini, hanya Thailand yang telah meraih tiket babak empat besar karena setelah menang 2-1 atas Singapura di laga perdana, mereka kembali menang 3-2 atas Malaysia. Satu tempat lainnya masih diperebutkan Singapura, Malaysia dan Myanmar. Hasil laga terakhir yang menentukan. Myanmar punya peluang lolos jika menang besar atas Thailand sambil berharap Malaysia menang tipis atas Singapura.

Bermain di hadapan publiknya, Singapura langsung menekan pertahanan lawan. Alhasil, tiga gol berhasil disarangkan negara yang sudah empat kali menjadi juara Piala AFF ini di paruh pertama. Shaiful Esah membuat Singapura unggul 1-0 pada menit ke-16, disusul dua gol Hariss Harun pada menit ke-35 dan 42.

Di awal babak kedua, Myanmar, yang pada laga perdana bermain imban tanpa gol lawan Malaysia, membuat kejutan karena berhasil mencetak dua gol balasan untuk mengubah kedudukan menjadi 3-2. Kyaw Zayar Win mencetak gol pertama Myanmar pada menit ke-55, sebelum tendangan penalti Ko Ko Kyaw pada menit ke-62 membuat Singapura berada dalam tekanan.

Namun Singapura bisa keluar dari tekanan tersebut. Pada menit ke-76, Shaiful Esah mencetak gol keduanya dalam laga tersebut, sekaligus memastikan Singapura menang 4-2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.