Kompas.com - 22/10/2014, 23:03 WIB
Kiper Real Madrid Iker Casillas (kiri) melakukan penyelamatan pada pertandingan fase grup Liga Champions, melawan FC Basel, di Santiago Bernabeu, 16 September 2014. JAVIER SORIANO / AFPKiper Real Madrid Iker Casillas (kiri) melakukan penyelamatan pada pertandingan fase grup Liga Champions, melawan FC Basel, di Santiago Bernabeu, 16 September 2014.
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Mantan gelandang tim nasional Spanyol, Gaizka Mendieta, mengatakan, Real Madrid seharusnya tetap percaya kepada penjaga gawang mereka, Iker Casillas. Menurut dia, Casillas masih bisa memberikan kontribusi yang bagus meskipun dia sedang menjadi sorotan lantaran membuat sejumlah kesalahan, baik di level internasional maupun klub.

Dalam beberapa pekan terakhir, Casillas tersandung persoalan akibat performanya yang menurun. Dia dianggap sebagai biang kekalahan La Furia Roja ketika melawan Slowakia dalam kualifikasi Piala Eropa 2016 sehingga pelatih Vicente del Bosque memilih David de Gea sebagai kiper utama saat melawan Luksemburg.

Meskipun demikian, Mendieta merasa yakin Casillas belum habis. Mantan pemain Valencia ini pun berharap pelatih Carlo Ancelotti tak tergoda untuk memasang Keylor Navas sebagai pengganti kiper berusia 33 tahun tersebut saat Madrid melakoni matchday ketiga Liga Champions melawan Liverpool di Anfield, Rabu (22/10/2014).

"(Casillas) masih bisa memberikan yang terbaik. Dia seorang penjaga gawang, dia akan membuat kesalahan," ujar Mendieta kepada Goal. "Ini bukan cuma penjaga gawang yang bertahan, melainkan juga para pemain belakang, gelandang... Ini keseluruhan tim untuk bertahan."

"Aku pikir musim ini mungkin akan menjadi yang terakhir baginya berada di level biasanya, (tetapi) aku pikir musim ini dia bisa memberikan banyak kepada Real Madrid. Madrid harus pandai menempatkan Keylor Navas, jika mereka berpikir Navas akan menjadi nomor satu dalam jangka waktu lama."

"Apakah dia pantas menjadi starter lawan Liverpool? Aku pikir demikian. (Ancelotti) sudah punya pilihan mengenai dirinya—jangan ubah sekarang. Itu akan meruntuhkan keseimbangan dan kepercayaan diri."

"Jika menempatkan Casillas di bangku cadangan, dia mengatakan kepadanya bahwa tak ada kepercayaan lagi untuknya. Maka, dia benar-benar akan kehilangannya di sisa musim ini."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mendieta juga mengakui bahwa dia khawatir dengan keseimbangan tim besutan Ancelotti setelah kepergian Xabi Alonso yang dijual ke Bayern Muenchen, serta Angel di Maria, yang hengkang ke Manchester United. Meskipun demikian, Mendieta memuji pemain baru, James Rodriguez, yang mau membantu pertahanan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.