Kompas.com - 14/08/2014, 21:05 WIB
Salah satu ekspresi bek Italia, Giorgio Chiellini (kanan), setelah digigit penyerang Uruguay, Luis Suarez (kiri), pada laga terakhir Grup D Piala Dunia, di Estadio Das Dunas, Natal, Selasa (24/6/2014). JAVIER SORIANO / AFPSalah satu ekspresi bek Italia, Giorgio Chiellini (kanan), setelah digigit penyerang Uruguay, Luis Suarez (kiri), pada laga terakhir Grup D Piala Dunia, di Estadio Das Dunas, Natal, Selasa (24/6/2014).
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Luis Suarez harus menerima nasib akibat ulahnya yang tak terpuji di Piala Dunia 2014 lalu. Pasalnya, Pengadilan Arbitrase Olahraga (Court of Arbitration for Sport - CAS) menolak banding yang diajukan striker tim nasional Uruguay tersebut, setelah dia dijatuhi hukuman larangan bermain selama empat bulan.

Meski demikian, Suarez sedikit mendapatkan angin segar lantaran dia diizinkan berlatih bersama Barcelona. Sebelumnya, mantan pemain Liverpool ini pun dilarang beraktivitas di dalam dunia sepak bola ketika menjalani hukuman tersebut, termasuk berada di dalam stadion dan latihan bersama klub.

Suarez mendapatkan hukuman berat dari FIFA karena menggigit bek tim nasional Italia, Giorgio Chiellini, dalam laga penyisihan grup yang berakhir dengan skor 1-0 untuk Uruguay. Kejadian itu berlangsung pada 24 Juni di Natal, Brasil.

Lantaran mendapatkan hukuman berat, termasuk tak boleh bermain di dalam sembilan pertandingan internasional, Suarez mengajukan banding. Tetapi CAS tak mengabulkan permintaan Suarez agar hukumannya dikurangi, sehingga dia baru akan bermain bersama Barcelona pada akhir Oktober nanti.

"Panel CAS menemukan bahwa sanksi yang dijatuhkan kepada pemain umumnya proporsional dengan pelanggaran yang dilakukan. Tetapi telah mempertimbangkan bahwa larangan masuk stadion dan larangan dari kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola terlalu berlebihan, mengingat tindakan tersebut tidak sesuai dengan sanksi pelanggaran yang dilakukan oleh pemain dan masih akan berdampak pada aktivitasnya setelah akhir skorsing," demikian pernyataan CAS, Kamis (14/8/2014).

Dengan demikian, Suarez kini bisa berlatih bersama rekan-rekannya di Barcelona untuk pertama kali sejak dibeli dari Liverpool dengan harga 88 juta euro pada bursa transfer musim panas ini. Dia juga bisa aktif dalam kegiatan promosi.

Namun, Suarez tampaknya tak bisa membela Barca dalam el clasico karena dia baru akan bermain pada 26 Oktober mendatang. Itu artinya, Suarez tampil sehari setelah Barca dijadwalkan bertemu rival abadinya tersebut di kompetisi Primera Division. Akan tetapi, Suarez bisa saja tampil di laga klasik tersebut karena televisi nasional menginginkan pertandingan dilakukan pada hari Minggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tingkat hukuman larangan bermain Suarez, menurut CAS, sesuai dengan perbuatannya, karena ini untuk kali ketiga dia menggigit lawan. Dalam dua peristiwa sebelumnya, Suarez dilarang bermain tujuh pertandingan saat membela Ajax Amsterdam karena menggigit pemain PSV Eindhoven, Ottman Bakkal, kemudian dihukum 10 pertandingan saat berkostum Liverpool karena menggigit bek Chelsea, Branislav Ivanovic.

Itu artinya, Suarez tak bermain dalam 11 pertandingan Barca di awal musim ini, dan larangan tampil di sembilan pertandingan internasional tetap berlaku. Tetapi top scorer Premier League musim lalu ini diizinkan bermain dalam pertandingan persahabatan, termasuk Gamper Trophy melawan Club Leon di Camp Nou pada Senin (18/8/2014).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.