Kompas.com - 23/06/2014, 13:00 WIB
Pelatih Portugal, Paulo Bento, dalam sesi latihan, di Arena Amazonia, Manaus, 21 Juni 2014. RAPHAEL ALVES / AFPPelatih Portugal, Paulo Bento, dalam sesi latihan, di Arena Amazonia, Manaus, 21 Juni 2014.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
MANAUS, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Portugal, Paolo Bento, mengaku yakin, Amerika Serikat dan Jerman akan sama-sama bermain untuk meraih kemenangan, saat bertemu pada laga terakhir Grup G, di Arena Pernambuco, Recife, 26 Juni 2014. Dengan begitu, menurut Bento, Portugal bisa sepenuhnya fokus menghadapi laga melawan Ghana, di Estadio Nacional, Brasilia, 26 Juni 2014.

Dengan satu laga tersisa, semua tim di Grup G masih mungkin tersingkir atau lolos ke 16 besar. Jerman menguasai klasemen dengan nilai empat, atau hanya unggul selisih gol dari Amerika Serikat di tempat kedua. Adapun Ghana ada di tempat ketiga dengan nilai satu, atau hanya unggul selisih gol dari Portugal.

Amerika Serikat akan masuk 16 besar sebagai juara grup jika bermain imbang, sementara AS butuh kemenangan untuk menjadi juara grup. Asal laga Jerman dan AS tidak berakhir imbang, Ghana dan Portugal punya peluang masuk 16 besar, meski tidak mudah, mengingat rekor memasukkan-kemasukan mereka.

Portugal memiliki rekor memasukkan-kemasukan 2-6, Ghana 3-4, dan AS 4-3. Adapun Jerman memiliki rekor memasukkan-kemasukan 6-2.

"Sepanjang karier saya sebagai pemain dan pelatih, saya tak pernah curiga kolega saya bermain untuk meraih hasil imbang. Kewajiban kami adalah mengalahkan Ghana dan sekalipun peluang kami kecil, kami akan berusaha. Kami akan menjaga standar profesional kamis sampai akhir," ujar Bento.

Portugal berada dalam situasi sulit ini setelah bermain imbang 2-2 dengan AS, di Arena Amazonia, Manaus, Minggu (22/6/2014). Sementara gol AS dicetak Jermaine Jones (64) dan Clint Dempsey (81), gol Portugal dicetak Nani (5) dan Varela (90+5).

Gol terakhir merupakan buah umpan Cristiano Ronaldo, yang diragukan tampil karena masalah lutut. Meski begitu, Ronaldo dinilai tidak bermain optimal.

"Ronaldo bugar. Ia bermain penuh dan tak mengalami masalah. Ini adalah momen sensitif bagi semua pemain kami. Mereka semua sedih dan ini bukan momen untuk mengkritik pemain. Kritik saya sebagai pelatih jika Anda mau. Kami punya peluang meraih kemenangan hari ini. Kami tidak meraih hasil, tetapi kami harus menatap ke depan dan berusaha mengalahkan Ghana," ujar Bento.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.