Mantan Presiden Bayern Huni Bekas Penjara Hitler

Kompas.com - 01/04/2014, 04:59 WIB
Presiden Bayern Muenchen, Uli Hoeness. SUEDDEUTSCHEPresiden Bayern Muenchen, Uli Hoeness.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MUENCHEN, KOMPAS.com — Mantan Presiden Bayern Muenchen, Uli Hoeness, dikabarkan Reuters bakal menghabiskan masa vonis tiga setengah tahun penjara atas kasus penggelapan pajak di penjara Landsberg, yang juga merupakan bekas penjara pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Hoeness divonis bersalah atas kasus penggelapan pajak pada 14 Maret 2013. Pria berusia 62 tahun itu pun telah mengakui adanya aliran pajak sekitar 27,2 juta euro melalui rekening bank di Swiss.

Adapun penjara Landsberg merupakan hotel prodeo bagi Hitler setelah terjadi peristiwa beer hall putsch pada 1923. Dalam penjara yang dibangun pada 1910 itulah Hitler menuliskan volume pertama karyanya yang terkenal, Mein Kampf.

Dok. Daily Star Penjara Landsberg.
Wakil Direktur Penjara Landsberg, Harald Eichinger, mengatakan, Hoeness akan menghabiskan dua minggu pertama dalam sel dengan ukuran lebih besar dan ditemani rekan satu sel-nya. Hal itu dilakukan agar Hoennes bisa beradaptasi dengan kehidupan di balik jeruji sebelum pindah ke sel tunggal.

Beberapa jurnalis, dikabarkan Reuters, diberi kesempatan untuk melihat ruangan sel yang bakal ditempati oleh Hoeness. Ruangan tersebut hanya berisi tempat tidur sederhana, kursi, WC, dan kamar mandi.

"Tidak ada kelas eksklusif di sini," terang kepala Penjara Landsberg, Franz Roeck.

Roeck juga mengungkapkan, Hoeness hanya boleh membawa sejumlah barang pribadi, misalnya cincin kawin, jam tangan, dan beberapa foto keluarga. Ia pun memastikan bahwa setiap tahanan di Landsberg dilarang membawa telepon seluler dan komputer pribadi.

Hoeness dikabarkan akan segera masuk ke penjara Landsberg dalam beberapa pekan ke depan.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X