Kompas.com - 28/01/2014, 18:17 WIB
Suporter Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak pemain Persija Jakarta ke gawang Arema Indonesia di turnamen Trofeo Persija 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/11/2012). Kembang api dilarang pada ISL 2014. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGSuporter Persija Jakarta merayakan gol yang dicetak pemain Persija Jakarta ke gawang Arema Indonesia di turnamen Trofeo Persija 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/11/2012). Kembang api dilarang pada ISL 2014.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAloysius Gonsaga AE

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum The Jakmania, Larico Ranggamone, mengaku akan segera memperingatkan seluruh anggotanya agar tidak melakukan aksi pelecehan rasial selama berlangsungnya kompetisi Indonesia Super League 2014.

Seperti diketahui, PT Liga Indonesia sudah memutuskan akan memberikan sanksi tegas bagi klub yang suporternya melakukan aksi pelecehan yang dapat merugikan jalannya pertandingan ISL 2014. Hal tersebut meliputi aksi menyalakan suar, kembang api, dan pelecehan rasial.

"Di seluruh dunia sepak bola, yang seperti itu harus dilawan. Kami mendukung peraturan tersebut," kata Larico saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/1/2014).

Selain mencoba mengupayakan menghilangkan pelecehan rasial, Larico juga akan mencoba mengajak The Jakmania agar tidak lagi menyanyikan lagu-lagu yang bernada kasar.

"Biasanya yang seperti itu karena spontanitas. Tapi biasanya dirijen akan segera mengangkat kepalan tangan kiri tanda berhenti," jelasnya.

"Kami semua akan melakukan introspeksi, dan ketika kami sudah bagus, kami akan mencoba mengajak suporter yang lain," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.