Kompas.com - 04/12/2013, 02:50 WIB
Pelatih Italia, Cesare Prandelli. AFP PHOTO / FABRICE COFFRINIPelatih Italia, Cesare Prandelli.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli, berharap Azzurri berada di grup keras pada Piala Dunia 2014 di Brasil pada bulan Juni mendatang. Meskipun demikian, Prandelli tak ingin satu grup dengan Jerman.

"Saya ingin menghindari Jerman di fase penyisihan grup," ujar Prandelli, Selasa (3/12/2013), setelah mengetahui pembagian pot untuk undian Piala Dunia. "Tetapi, saya menginginkan kami bertemu di final."

"Saya agak senang berada di grup yang keras. Dalam sejarah kami, kami selalu melakukan dengan bagus ketika berada di grup yang sulit."

"Jika lebih mudah, maka saat itulah Anda menemukan kesulitan. Mungkin kami bisa bersama Brasil."

FIFA telah mengumumkan pot-pot untuk pengundian fase grup Piala Dunia 2014 yang dilakukan di Costa do Sauipe, Bahia, Selasa (3/12/2013). Italia masuk ke dalam Pot 4 karena tak masuk delapan unggulan teratas, yang dikumpulkan ke dalam Pot 1. Dengan demikian, mereka berpeluang satu grup dengan Jerman, yang masuk tim unggulan bersama dengan Brasil selaku tuan rumah, Spanyol, Belgia, Swiss, Argentina, Kolombia, dan Uruguay.

Ada catatan khusus mengenai pembagian pot tersebut karena di Pot 2 hanya ada tujuh tim, sedangkan Pot 4 diisi sembilan tim Eropa. Satu dari sembilan tim Eropa itu akan dimasukkan ke dalam Pot 2, dan tim tersebut akan diundi untuk melawan satu dari empat tim unggulan Amerika Selatan (Brasil, Uruguay, Kolombia, Argentina) untuk menjaga keseimbangan geografis.

Nah, empat tim unggulan dari Amerika Selatan itu akan membentuk Pot X. Tiga tim yang tidak melawan tim Eropa di Pot 2 tersebut akan kembali ke pengundian utama.

Pembagian pot undian fase grup Piala Dunia 2014:

Pot 1: Brasil, Spanyol, Jerman, Argentina, Kolombia, Belgia, Uruguay, Swiss

Pot 2: Cile, Ekuador, Pantai Gading, Ghana, Aljazair, Nigeria, Kamerun

Pot 3: Australia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Kosta Rika, Meksiko, Honduras, Amerika Serikat

Pot 4: Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Inggris, Perancis, Yunani, Italia, Belanda, Portugal, RusiaDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.