Terganjal Gugatan Bepe-Leo, Persija Optimistis Lolos Verifikasi

Kompas.com - 03/12/2013, 20:49 WIB
Ketua Umum Persija Jakarta, Ferry Paulus (kedua dari kanan) bersama Kuasa Hukum Persija, Gusti Randa, saat jumpa pers terkait gugatan yang dilayangkan Bambang Pamungkas dan Leo Saputra, di Kantor Persija, Selasa (3/12/2013). KomKetua Umum Persija Jakarta, Ferry Paulus (kedua dari kanan) bersama Kuasa Hukum Persija, Gusti Randa, saat jumpa pers terkait gugatan yang dilayangkan Bambang Pamungkas dan Leo Saputra, di Kantor Persija, Selasa (3/12/2013).
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAry Wibowo
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Persija Jakarta, Ferry Paulus, mengaku optimistis klubnya bakal lolos verifikasi calon-calon tim untuk kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014, meski saat ini masih terganjal masalah tunggakan gaji Bambang Pamungkas dan Leo Saputra.

Proses verifikasi klub tengah berjalan. Berdasarkan keputusan Kongres Luar Biasa Jakarta, Maret 2013, akan diambil 22 klub untuk terlibat di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013-14.

Kompetisi profesional PSSI sendiri, agar berjalan dengan fair, sebenarnya hanya dapat diikuti klub-klub yang memenuhi lima aspek syarat AFC. Lima kriteria tersebut adalah aspek legal, finansial, infrastruktur, personel, dan sporting.

Persija sendiri terancam gagal lolos proses verifikasi karena masih menunggak sisa gaji Bepe dan Leo. Atas masalah tersebut, kedua pemain itu bahkan sudah memasukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2013)

Ferry mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia karena masalah tersebut. Ia mengklaim, PSSI pun menilai gugatan Bepe dan Leo tidak akan memengaruhi proses verifikasi skuad Macan Kemayoran.

"Melalui Joko Driyono sebagai Sekretaris Jenderal PSSI dan CEO PT Liga, ini (gugatan Bepe dan Leo dengan proses verifikasi) tidak ada hubungannya. Ini bukan ranah Persija dan bukan daerah yang bisa mengakibatkan verifikasi itu bermasalah," klaim Ferry saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (3/12/2013).

"Sekali lagi, Pak Joko sudah sampaikan untuk jalan terus. Jika semua pemain, kecuali dua pemain ini, selesai tunggakannya, maka otomatis masalah finansial itu akan teratasi dengan kata lain verifikasi kita akan lolos," tambahnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Joko mengaku, tidak akan serta merta meloloskan Persija dalam proses verifikasi. Menurutnya, PSSI akan terlebih dahulu mempelajari masalah tersebut sebelum membuat keputusan.

"Saya tidak bisa bilang seperti itu. Kami harus mempelajari lebih dulu. Tapi, ini bukan serta-merta kami abaikan. Upaya Persija harus dihargai juga. Siapapun yang gunakan jalur lain, maka kami akan mendukung Persija. Saya pastikan, kami akan bela Persija karena anggota PSSI," kata Joko.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X