Bill Gates Negosiasi dengan Madrid untuk Ubah Nama Santiago Bernabeu

Kompas.com - 25/10/2013, 22:42 WIB
Markas Real Madrid, Santiago Bernabeu. FOOTBALL ESPANAMarkas Real Madrid, Santiago Bernabeu.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MADRID, KOMPAS.com — Pendiri Microsoft, Bill Gates, dikabarkan situs The Telegraph tengah bernegosiasi dengan Real Madrid. Pembicaraan ini terkait dengan minat Microsoft menjadi sponsor Stadion Santiago Bernabeu.

Menurut El Confidential, multi-miliarder ini tengah berdiskusi perihal kemungkinan mengubah nama stadion dengan nuansa Microsoft. Namun, dialog antara Gates dan Madrid baru tahap awal, dan belum akan melahirkan keputusan hingga pertengahan tahun depan.

Jika kabar tersebut benar, Microsoft harus mengeluarkan uang yang banyak. Namun, di sisi lain, jika kesepakatan jadi terjalin, baik Microsoft maupun klub akan memperoleh keuntungan besar dari segi pemasaran.

Wacana ini disambut dingin para Madridista. Mereka tak terlalu antusias dengan kemungkinan perubahan nama stadion, mengingat nama stadion tersebut diambil dari nama seorang legenda Madrid.

Santiago Bernabeu merupakan pemain Real Madrid era 1912-1927. Ia kemudian menjabat sebagai presiden klub selama tahun 1943 hingga 1978. Bernabeu dianggap sebagai salah satu sosok berpengaruh untuk kesuksesan Madrid di kompetisi domestik maupun Eropa.

Ini bukan pertama kali Microsoft dan Real menjalin relasi. Sebelumnya, mereka bekerja sama mempromosikan pendidikan lewat sepak bola dan teknologi di Amerika Tengah dan Selatan, serta Karibia.

Di Spanyol, sebenarnya tak banyak klub yang menjual nama stadion mereka. Namun, di Inggris, klub seperti Manchester City dan Arsenal menempuh langkah tersebut. City mengganti nama Stadion City of Manchester menjadi Etihad Stadium, setelah bekerja sama dengan maskapai Etihad.

Langkah yang sama dilakukan oleh Arsenal. Mereka bekerja sama dengan Emirates, maskapai asal Dubai. Oleh karena itu, setelah pindah dari markas lama di Highbury pada 2006, stadion Arsenal kini dikenal dengan nama Emirates Stadium.


Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X