Kompas.com - 09/10/2013, 16:25 WIB
Para pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan kemenangan setelah berhasil menjadi juara piala AFF 2013 mengalahkan Vietnam melalui adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (22/9/2013). SURYA/ERFAN HAZRANSYAHPara pemain Timnas Indonesia U-19 merayakan kemenangan setelah berhasil menjadi juara piala AFF 2013 mengalahkan Vietnam melalui adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu (22/9/2013).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
SAMARINDA, KOMPAS.com — Kota Samarinda, Kalimantan Timur, berpeluang besar menjadi home base timnas sepak bola Indonesia dalam persiapannya mengikuti berbagai kejuaraan internasional. Hal tersebut ialah karena sarana dan prasarana latihan yang dimiliki di sana cukup memadai.

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Erwin Dwi Budiawan, di Samarinda, Rabu (9/10/2013), mengatakan, PSSI merencanakan ketersediaan home base untuk timnas di tujuh kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Sekarang baru ada satu di Sawangan, Depok, sehingga masih ada enam daerah lagi yang menjadi incaran PSSI," jelas Erwin.

Menurut Erwin, dengan tiga stadion yang dimiliki Kota Samarinda, yakni Stadion Utama Palaran, Stadion Madya Sempaja, dan Stadion Segiri, ditambah dengan fasilitas penunjang latihan, seperti tempat latihan kebugaran dan ketersediaan mes pemain, Kota Samarinda cukup memungkinkan menjadi pilihan PSSI menjadi salah satu daerah yang ditunjuk untuk menggelar pemusatan latihan timnas tersebut.

"Saya rasa Kota Samarinda cukup memenuhi persyaratan menjadi home base timnas," kata Erwin.

Menurut Erwin, meski telah memenuhi syarat secara kelengkapan sarana dan prasarana, PSSI tidak serta-merta bisa menunjuk ibu kota Kaltim tersebut sebagai salah satu home base timnas. Hal lain yang tidak kalah pentingnya, lanjutnya, ialah komitmen kepala daerah setempat dalam memberikan dukungan untuk latihan timnas tersebut.

"Kuncinya kepala daerah harus setuju dulu, berikut dengan organisasi sepak bolanya juga harus memberikan respons positif akan keberadaan timnas menggelar latihan di Samarinda," jelas Erwin.

Menurut Erwin, program persiapan timnas tidak hanya terbatas pada tim senior semata, tetapi saat ini pembinaan usia dini juga menjadi program prioritas PSSI dalam sasaran untuk jangka panjang.

"Kalau saya lebih tertarik bila Samarinda menjadi home base timnas untuk kelompok umur, misalkan U-16 atau U-19, sekaligus menggugah kembali bakat-bakat muda yang ada di Kaltim ini untuk berkiprah di sepak bola," tegas Erwin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X