Klarifikasi Promotor soal Harga ”Meet and Greet” Chelsea

Kompas.com - 19/07/2013, 19:50 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com — CEO Nine Sport, Arief Wicaksono, memberikan klarifikasi perihal langkah Chelsea yang menyarankan pihak promotor turnya ke Indonesia mengembalikan semua biaya fans untuk mengikuti meet and greet, jersey signing, dan coaching clinic. Ia menilai penetapan harga tersebut adalah hal biasa di Indonesia.

Chelsea menyarankan agar promotor mengembalikan biaya yang dikeluarkan fans untuk mengikuti rangkaian acara sebelum pertandingan melawan BNI Indonesia All Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (25/7/2013). ”The Blues” beralasan, penetapan biaya yang mencapai puluhan juta tersebut tidak sesuai dengan filosofi tur pramusimnya.

Sebelum pertandingan uji coba melawan Indonesia dilaksanakan, awalnya skuad Chelsea memang direncanakan menjalani beberapa kegiatan, seperti meet and greet dengan para pemain pada Selasa (23/7/2013) serta sesi tanda tangan jersey dan coaching clinic pada Rabu (24/7/2013). Tiket meet and greet dipatok oleh promotor sebesar Rp 22 juta (harga promo Rp 18,7 juta selama 27 Juni-19 Juli 2013), termasuk satu tiket VIP Barat. Sementara sesi tanda tangan jersey dibanderol Rp 7 juta dan coaching clinic  Rp 5,5 juta.

Arif mengatakan, biaya sejumlah rangkaian acara tersebut merupakan hal biasa karena sebelumnya ketika melawan Belanda, promotor juga memungut biaya. Selain itu, ia mengklaim, pihak promotor juga tidak pernah memaksakan kehendak penggemar untuk mengikuti acara tersebut.

”Ketiga, untuk membawa mereka (Chelsea) ke sini, harganya fantastis. Jauh berkali-kali lipat dengan Belanda. Jadi, kami memang membutuhkan semacam bisnis modul untuk mengembalikan dana kami,” ujar Arif kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Arif mengaku, penetapan harga acara tersebut bukan menjadi keputusan pihaknya. Namun, ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan menyalahkan pihak lain karena Chelsea saat ini juga sudah memberikan harga spesial kepada promotor untuk kunjungannya ke Indonesia.

”Jadi, memang awalnya karena Chelsea memungut biaya dengan gila-gilaan. Jujur saya masih bingung sekarang. Apa memang kami yang harus mengambil kesalahan ini sebagai pelajaran untuk kami atau bagaimana. Langkah juga belum kami putuskan,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah rangkaian acara Chelsea tersebut tetap berlangsung dengan ada pemungutan biaya kepada fans, Arif mengatakan, ”Acara itu kami pastikan akan tetap berlangsung. Tapi, memang, dengan adanya masalah ini, saya seperti ditekan dan dibuat bingung oleh mereka (Chelsea).”

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X